jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Klinik / Pertanyaan

Kartu JKN Tidak Aktif Saat Hendak Bayar Iuran

17 January 2017
Mohon infonya, Istri saya berhenti kerja, setelah 3 bulan dapat kerja lagi. Nah BPJS yang selama nganggur itu mau dilunasin dulu baru dipindah ke pabrik sekarang, tapi kenapa pas di atmnya tulisannya anda tidak terdaftar, harus bagaimananya?

Jawaban

Saudara perlu ketahui tentang Sanksi keterlambatan iuran dan ketentuan pembayaran kolektif. Kepesertaan  Istri Anda kemungkinan sudah dinonaktifkan oleh BPJS Ketenagakerjaan, karena keterlambatan iuran.
 
Ada 2 jenis sanksi keterlambatan iuran yang diatur dalam Pasal 17A.1 ayat (1) s.d. ayat (7) Perpres 19 Tahun 2016, yaitu: Pertama:  sanksi penghentian sementara penjaminan (kepesertaan dinonaktifkan); dan Kedua: denda sebesar 2,5% dari biaya pelayanan kesehatan, apabila peserta mendapat pelayanan kesehatan dalam 45 hari sejak kepesertaan diaktifkan kembali, paling banyak Rp. 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah). Dengan membayar tunggakan iuran semestinya kepsertaan dapat langsung diaktifkan. 
 
Saat Saudara menghadapi kendali pembayaran tunggakan via ATM. Kemungkinan pembayaran Kepsertaan Istri saat bekerja dan keluarga terpisah, sedangkan saat ini berlaku pembayaran kolektif berdasarkan Pasal 3 Perdir BPJS Kesehatan No. 16 Tahun 2016 tentang Pedoman Teknis Penagihan dan Pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan Nasional, bahwa tagihan iuran Peserta Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja adalah bersifat kolektif untuk seluruh anggota keluarga sebagaimana yang terdaftar pada kartu keluarga dan atau yang sudah didaftarkan sebagai anggota keluarga.
 
Kami sarankan, Saudara mengajukan pemisahan iuran Bagi anggota keluarga yang sudah bekerja dan/atau menikah namun masih tercatat dalam satu Kartu Keluarga yang sama kepada BPJS Kesehatan, dengan:
  1. Mengajukan permohonan tertulis disertai lampiran: copy kartu keluarga, Copy KTP/Identitas diri lainnya; surat keterangan sudah bekerja.
  2. Bagi anggota keluarga yang telah bekerja, dapat menyampaikan informasi bahwa nama-nama anggota keluarga yang akan disatukan ke dalam virtual account keluarga yang terpisah dari virtual account keluarga induk.

Konsultan Martabat