jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Opini - Gerakan Mempersiapkan RS Menuju Era JKN

Oleh: Dr. Soedarmono Soejitno (Ahli manajemen rumah sakit) 04 November 2013

“Mempersiapkan RS Menuju Era JKN” adalah lebih dari sekedar suatu program, tetapi lebih merupakan suatu Gerakan.

“Gerakan Mempersiapkan RS Menuju Era JKN” memiliki 3 aspek utama yaitu : 1) Substansi; 2) Konteks; dan 3) Proses sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini.

SUBSTANSI

Substansi dari Gerakan “Mempersiapkan RS Menuju Era JKN” memberi kerangka dasar untuk menerangkan dan menunjukkan bagaimana RS dapat bergeser dari keadaan sekarang menuju keadaan di Era JKN dengan cara merubah sistem, struktur, proses, peran dan fungsi dalam organisasinya. Tujuannya adalah untuk dapat memanfaatkan sumber daya RS seefektif dan seefisien mungkin secara terstruktur untuk menemukan dan menerapkan solusi masalah dalam bentuk perubahan pada sistem, struktur, proses, peran dan fungsi dalam organisasi menuju era JKN.

KONTEKS

Konteks dari “Gerakan Mempersiapkan RS Menuju Era JKN” pada dasarnya adalah Pengaturan Lintas Organisasi yang diperlukan antara Pembelidan Penyedia pelayanan kesehatan serta para Pembina (Stewards) dari keduanya.

PROSES

Proses dari “Gerakan Mempersiapkan RS Menuju Era JKN” meliputi langkah-langkah yang diperlukan untuk memberdayakan orang-orang di RS yang terkena dampak dari perubahan agar dapat menyesuaikan diri terhadap tugas-tugas barunya yang diakibatkan oleh perubahan pada sistem, struktur, proses, peran dan fungsi dalam organisasi RS.

Tujuannya adalah untuk dapat memberdayakan setiap orang yang terkena dampak dari perubahan organisasi RS agar dapat menjalani masa Transisi sebaik mungkin sesuai dengan tuntutan dari solusi masalah yang telah disepakati bersama oleh organisasi RS menuju era JKN.

 

**

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Gerakan Mempersiapkan RS Menuju Era JKN
http://www.jamsosindonesia.com/opini/gerakan_mempersiapkan_rs_menuju_era_jkn
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016

Komentar
Email*
Nama
Website