jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Kisah - Dorce Sudah 20 Tahun Memiliki Asuransi Kesehatan

Oleh: Jamsos Indonesia 06 May 2011

Dorce Gamalama merupakan artis serba bisa yang masih layak untuk diperhitungkan di dunia hiburan tanah air. Meski usianya sudah memasuki kepala empat, namun wajahnya masih kerap menghiasi layar kaca televisi. Dorce adalah seorang presenter, pelawak, sekaligus penyanyi yang terkenal. Saat ini Dorce telah memiliki sebuah Yayasan dan Masjid sebagai investasinya, bahkan ia juga telah memiliki asuransi sejak 20 tahun silam. Seberapa pentingkah asuransi bagi dirinya? Berikut penuturannya.  

Kamis (5/5), JamsosIndonesia.com menyambangi sebuah Masjid Al-Hayyu di Pondok Gede yang juga milik Dorce. Masjid ini diresmikan pada saat usia Dorce menginjak umur 45 tahun atau lebih tepatnya pada tahun 2008. “Hey Mas, mari wawancaranya di rumah saya aja,” sapa Dorce sambil bersalaman. Rumah Dorce berdiri di area tanah seluas 500 meter persegi persis di samping Masjidnya. Dengan ramah dan suara sedikit menggelegar, Dorce mulai menceritakan kehidupannya.

Dorce dilahirkan di Solok, Sumatera Barat, pada 21 Juli 1963 dengan nama Dedi Yuliardi. Ia adalah anak bungsu dari enam bersaudara dari pasangan Achmad dan Dalifah. Sebelum setenar saat ini, kehidupan Dorce sangat memprihatinkan. Namun berkat operasi kelamin pada tahun 1993 dan kerja kerasnya, ia dapat meraih kesuksesan seperti sekarang. Dorce sempat mendapat tekanan dari masyarakat lantaran operasi kelamin. Namun ia berkeyakinan bahwa inilah jalan hidupnya.

Dorce mengawali kariernya sebagai penyanyi bersama group band Bambang Brothers. Ia dapat menyanyikan semua jenis aliran musik, baik lagu luar negeri maupun lagu daerah. Honor pertama yang diterima Dorce saat itu sebesar seribu rupiah. “Saya merasa sangat bangga sehingga tidak terlalu mikirin mau dibayar berapa. Karena itu, dibayar seribu perak pun senangnya bukan main,” ujarnya sambil tersenyum.

Pada tahun 1990 Dorce mulai menekuni dunia peran dengan bermain film. Saat itu film pertamanya berjudul Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh. Selain film, Dorce merambah menjadi pembawa acara, baik itu acara on air maupun off air. Dorce juga aktif dalam kegiatan-kegiatan yang sifatnya sosial. Meski usianya tidak muda lagi, akan tetapi ia mampu bersaing dengan artis-artis pendatang baru.

Dengan kerja kerasnya selama ini, Dorce telah berhasil merubah hidupnya. Kehidupan yang tadinya serba kekurangan, kini berubah menjadi serba berkecukupan. Saat ini ia telah memiliki sebuah rumah, kendaraan, Masjid dan sebuah Yayasan bernama Dorce Alimatusyabiyah. Selain Yayasan, rumah dan kendaraan, Dorce mengaku tidak memiliki investasi lain. Selama ini ia hanya mengandalkan dari penghasilan show saja.

Karena kecintaannya terhadap anak-anak begitu besar, Dorce pun memutuskan untuk mengadopsi empat orang anak. Meski bukan anak kandung, namun Dorce telah menganggap keempat anaknya yang bernama Rizki, Fatimah, Khadijah dan Abubakar seperti anak sendiri. Walau sesibuk apapun, Dorce mengaku tidak pernah melupakan anaknya. “Bila sedang tidak sama anak-anak, sehari bisa tiap jam saya menghubungi mereka,” akunya.

Kesehatan dan Beasiswa

Sebagai seorang artis, tentu aktivitas Dorce sangat padat. Maka dari itu ia harus pintar-pintar menjaga kondisi tubuhnya agar tidak rentan sakit. Sebagai antisipasinya Dorce telah memiliki asuransi kesehatan sejak 20 tahun lalu dan saat ini ia menjadi peserta asuransi swasta. Untuk preminya, Dorce harus membayar pertahunnya sekitar Rp 3-5 juta. “Asuransi itu solusi bila saya lagi sakit tapi tak punya uang, karena semua biaya perawatan hingga pengobatan ditanggung oleh asuransi,” paparnya.

Selain dirinya, keempat anaknya pun telah memiliki asuransi. Namun keempat anaknya hanya asuransi untuk beasiswa hingga jenjang S1. Setiap tahunnya Dorce harus membayar premi asuransi anaknya sebesar Rp 2-3 juta. “Saya ingin anak-anak saya bisa meraih gelar serjana semua. Alhamdulillah anak pertama saya Rizki sudah meraih gelar sarjana,” ungkap Dorce bangga.

Selama memiliki asuransi kesehatan, Dorce baru menggunakannya saat ia terkena penyakit demam berdarah pada tahun 2006 lalu. Saat itu Dorce harus mendapat perawatan selama dua hari di RS Mitra keluarga. Karena telah memiliki asuransi kesehatan, Dorce mengaku tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Dan selama menjadi peserta asuransi, Dorce tidak pernah mengalami kendala. Justru ia merasa nyaman dengan memiliki asuransi kesehatan. Dorce menambahkan bahwa setiap perusahaan asuransi harus lebih meningkatkan mutu pelayanannya, karena menyangkut keuangan orang lain. (Egie)

 


Martabat, Mei 2011

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Dorce Sudah 20 Tahun Memiliki Asuransi Kesehatan
http://www.jamsosindonesia.com/kisah/dorce_sudah_20_tahun_memiliki_asuransi_kesehatan
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019