jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Prov. Gorontalo

Gorontalo

Salam Pemerintah Daerah

Undang-undang Republik Indonesia nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan SosialNasional (SJSN) menetapkan setiap orang berhak atas Jamian Sosial untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak dan meningkatkan martabatnya menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar peningkatan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Masyarakat yang sehat memiliki energi dan kekuatan untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dan memenuhi perannya baik di keluarga maupun di masyarakat. 

Salah satu Program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo adalah peningkatan layanan Kesehatan. Upaya ini harus dilakukan dengan tindakan nyata, salah satunya melalui Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang berorientasi promotifdanpereventif tanpa melupakan pelayanan kuratif.

Selama ini, Pemerintah daerah melihat pelayanan kesehatan di hampir semua wilayah Provinsi Gorontalo, khususnya wilayah pedesaan, masih relatif rendah. Permasalahan pelayanan kesehatan belum dapat diatasi terutama pada tingkat masyarakat miskin/kurang mampu. Kondisi inilah yang melatarbelakangi dikembangkannya pelayanan Jaminan Kesehatan Rakyat Semesta (JAMKESTA) sebagai penjabaran konsep kesehatan GRATIS di Provinsi Gorontalo. 

Sejak tahun 2012 sampai dengan saat ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo terus berupaya meningkatkan cakupan kepesertaan Jamkesta untuk mencapai Universal Health Coverage di Provinsi Gorontalo. Berbagai pengembangan dan perbaikan dilakukan, seperti penambahan jumlah peserta dan penerbitan kartu Jamkesta. Alhamdulillah Provinsi Gorontalo Telah Mencapai Universal Health Coverage di Akhir tahun 2012.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo atas kerja kerasnya untuk menyelenggarakan Jamkesta Gorontalo sesuai dengan asas penyelenggaraannya, yaitutransparansi, responsif gender, akuntabilitas,  kerja sama tim, inovatif, cepat, cermat, akurat, pelayanan terstruktur dan berjenjang, kendali mutu dan kendali  biaya, serta Portabilitas.

Semoga program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Gorontalo, Khususnya masyarakat miskin/kurang mampu serta meningkatkan akses, pemerataan, dan mutu pelayanan kesehatan di Provinsi Gorontalo.

Terima Kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Gorontalo, Juli 2013

 

 

Drs. H. Rusli Habibie, M.AP
Gubernur Provinsi Gorontalo

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Sejak tahun 2008 Pemerintah Pusat telah melaksanakan program Jamkesmas untuk masyarakat miskin diseluruh Indonesia dimana kuota untuk Provinsi Gorontalo sebesar 431.299 jiwa (41,5 %). Jumlah peserta Jamkesmas ini melebihi masyarakat miskin yang ada di Provinsi Gorontalo berdasarkan data BPS 2011, yaitu 18,75 %. Namun,kenyataan di lapangan menunjukkan masih banyak masyarakat miskin di Provinsi Gorontalo yang justru tidak memiliki Jaminan Kesehatan apapun. Sehingga, mereka mengalami kesulitan finansial ketika jatuh sakit.

Dengan latar belakang tersebutlahirlah program ...selengkapnya

Program

2.1  KEPESERTAAN

Peserta Jamkesta Provinsi Gorontalo adalah seluruh Penduduk Provinsi Gorontalo yang mempunyai Kartu Identitas (KTP/Kartu Keluarga) dan belum memiliki jaminan kesehatan apapun yang ditetapkan oleh keputusan bupati/walikota. Kepesertaan Jamkesta Provinsi Gorontalo dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Jamkesta. Anak yang terlahir dari pasangan peserta Jamkesta Provinsi Gorontalo secara otomatis menjadi peserta Jamkesta dengan menunjukkan akta kelahiran atau surat keterangan lahir.

Pada tahun 2012, jumlah peserta Jamkesta Provinsi Gorontalo sebanyak 81.666 Jiwa. Padaakhirtahun 2012, Jamkesta ...selengkapnya

Prosedur

3.1  ALUR PENDAFTARAN KEPESERTAAN

Gambar 3. Alur Pendaftaran Peserta Jamkesta Gorontalo


Sumber: Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, 2013

3.2  ALUR PENERBITAN KARTU JAMKESDA

...selengkapnya

KONTAK

Seksi Promkes & JPKM - Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo

Jl. Pangeran Hidayat Kel. Paguyaman Kec. Kota Tengah Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo

p. (0435) 831605

f. (0435) 831604

e.

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Prov. Gorontalo
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/102
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019