jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Identitas - SELAMAT DATANG BPJS

Oleh: A. A. Oka Mahendra (Ahli Peraturan dan Perundang-undangan) 31 December 2013

Pergantian tahun selalu menjadi momentum yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Beragam cara digunakan untuk menyongsong datangnya tahun baru dan menutup tahun yang silam dengan berbagai kenangannya.

Tak sedikit yang rela bergadang sampai larut malam untuk menantikan detik-detik pergantian tahun yang silam ke tahun yang baru.

Kembang api dinyalakan, terompet ditiup kecang dan doa dipanjatkan sebagai wujud rasa syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa.

TIGA PERISTIWA NASIONAL DI TAHUN 2014

Pergantian tahun 2013 ke tahun 2014 bagi bangsa Indonesia mempunyai makna tersendiri.

Paling tidak ada tiga peristiwa nasional  penting yang terjadi di tahun baru 2014 nanti.

Pertama, tepat 1 Januari 2014 BPJS Kesehatan mulai beroperasi menggantikan PT Askes (Persero) dan PT Jamsostek (Persero) bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

PT Askes (Persero) dan PT Jamsostek (Persero) pada saat itu dinyatakan  bubar tanpa likuidasi berdasarkan ketentuan UU BPJS.

Kedua, pada 9 April 2014 Indonesia menyelenggarakan ritual demokrasi lima tahunan yang disebut Pemilihan Umum untuk memilih anggota DPR, DPD dan DPRD.

Ketiga, pada 9 Juli 2014 Indonesia menyelenggarakan Pemilihan Umum untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Berbeda dengan penyelenggaraan Pemilihan Umum yang disambut dengan penuh gairah oleh para politisi dan elit politik, lahirnya BPJS tidak mendapat perhatian  serius.

Kalaupun ada yang peduli,hanya sebagian kecil pemangku kepentingan.

Kehadiran BPJS sebagai badan hukum publik yang dibentuk dengan UU untuk menyelenggarakan program Jaminan Sosial disambut dingin.

Padahal kehadiran BPJS menandai era baru penyelenggaraan program Jaminan Sosial.

Disadari atau tidak, perubahan fundamental Penyelenggaraan Jaminan Sosial, terjadi sejak 1 Januari 2014.

Penyelenggara Jaminan Sosial yang semula berbentuk BUMN pro-laba, berubah menjadi berbentuk badan hukum publik nir-laba yang berorientasi pada penyelengaraan pelayanan publik untuk memenuhi hak konstitusional warga.

Ke depan nanti penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan dipercayakan kepada BPJS Kesehatan dan penyelenggaraan program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kematian dipercayakan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Pemenuhan kebutuhan dasar hidup yang layak bagi ratusan juta penduduk dan  pengelolaan ratusan triliun dana Jaminan Sosial sebagai dana amanah dari peserta dilakukan oleh BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

PILIH CALON PEMIMPIN YANG PRO JAMINAN SOSIAL

Sesungguhnya  BPJS sangat penting peranannya  untuk memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat dalam hal rakyat menghadapi risiko sosial dalam perjalanan hidupnya.

Pantas kiranya jika kita ucapkan “Selamat Datang BPJS”.

Segudang harapan menyertai kelahiran “anak baru” yang bernama BPJS ini.

Paling tidak, BPJS diharapkan  tumbuh sehat,kuat dan mampu merealisasikan tujuannya yaitu mewujudkan terselenggaranya pemberian Jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya.

Kepada PT Askes (Persero) dan PT Jamsostek (Persero) kita ucapkan selamat tinggal dan terimakasih atas pengabdiannya di bidang Jaminan Sosial selama ini.

Aset, liabilitas, hak, dan kewajiban hukum kedua Persero tersebut dialihkan ke BPJS.

Berkenaan dengan akan diseleggarakannya Pemilihan Umum pada tahun 2014, melalui  kesempatan ini kita mengajak seluruh pemilih untuk menggunakan hak pilihnya secara cerdas.

Pilihlah calon pemimpin baik wakil rakyat maupun calon Presiden/ Wakil Presiden yang pro Jaminan Sosial.

Sebab, hanya dengan pemimpin yang pro-Jaminan Sosial kita dapat membangun ketahanan nasional yang tangguh.

Penyelenggaraan Sistem Jaminan Sosial yang mantap, berkelanjutan dan berkeadilan merupakan  salah satu soko guru untuk  menopang terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.-

Selamat Tahun Baru 2014.

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
SELAMAT DATANG BPJS
http://www.jamsosindonesia.com/identitas/selamat_datang_bpjs
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016