jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Identitas - ASKES Mendapat Penghargaan ISSA 2012

Oleh: Asih Eka Putri (Direktur Konsultan Martabat) 05 November 2012

Dirut  PT ASKES (Persero), Dr. Gde Subawa menerima sertifikat penghargaan dari International Social Security Asscociation- ISSA (Certificate of Merit) untuk penyelenggaraan program jaminan kesehatan di Indonesia.  Penghargaan disampaikan pada Forum Jaminan Sosial Asia Pasifik di Seoul Korea Selatan pada 30 Oktober 2012.

PT ASKES menerima tiga penghargaan untuk tiga area prioritas penilaian oleh ISSA pada tahun 2012-2013,  yaitu promosi dan prevensi penyakit,  administrasi penyelenggaraan program, serta manfaat dan pelayanan.  Satu area lainnya yang dipertandingkan, yaitu perluasan kepesertaan jaminan sosial, tidak diperoleh PT ASKES.

Area penilaian program promosi dan prevensi penyakit diberikan kepada penyelenggaraan manajemen penyakit kronis (diseases management) untuk penanganan penyakit diabetes melitus tipe 1 bagi peserta Askes Sosial. 

Area  penilaian administrasi dan efisiensi dan efektifitas operasi diberikan kepada pelayanan terpadu bagi peserta Askes di rumah sakit, yang populer dikenal sebagai program Askes Center.

 Area penilaian kekuatan dan kualitas manfaat dan pelayanan diberikan untuk strategi pemeliharaan kualitas pelayanan obat di Indonesia

Ketiga sertifikat ini akan semakin mempertebal kepercayaan publik akan kemampuan PT ASKES (Persero) menyelenggarakan program jaminankesehatan nasional.  Terlebih, akan memperkuat kepercayaan diri insan-insan PT ASKES (Persero) untuk bertransformasi dan mempersiapkan tatakelola dan sumber daya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Penghargaan tertinggi

Penghargaan tertinggi diberikan kepada Program Jaminan Kesehatan  China.  Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial menerima ISSA Good Practice Award 2012  untuk pencapaian yang luar biasa atas penyelenggaraan program jaminan kesehatan semesta. Pemerintah berhasil membangun sistem terpadu bagi penyediaan akses pelayanan kesehatan dasar kepada seluruh penduduknya dengan cepat.

Komitmen Pemerintah China untuk merealisasikan penyelenggaraan program jaminan sosial semesta pada tahun 2020 sangat nyata.  Pada bulan April 2029 Pemerintah China mengalokasikan 850 Milyar Yuan  selama tiga tahun berturut-turut untuk mereformasi pelayanan kesehatan.  Dua pertiga dari anggaran tersebut dialokasikan untuk penduduk, antara lain untuk mensubsidi premium dan belanja lainnya.  Sepertiga lainnya dialokasikan untuk perluasan kepesertaan dan pembangunan infrastruktur pelayanan kesehatan.

Kompetisi diikuti oleh 41 proyek dari 14 negara yang mewakili 16 badan penyelenggara jaminan sosial di Asia dan Pasifik.  Juri yang terdiri dari para spesialis jaminan sosial memberikan 39 Certificates of merit, enam di antaranya mendapatkan penghargaan utama Certificates of merit with mention kepadaproyek-proyek di bawah ini:

Certificates of merit  juga diberikan kepada proyek-proyek jaminan sosial dari Australia, China, Fiji, India, Indonesia, Islamic Republic of Iran, Jordan, Malaysia, New Zealand, Oman, Republic of Korea, Saudi Arabia and Singapore.

(AEP)

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
ASKES Mendapat Penghargaan ISSA 2012
http://www.jamsosindonesia.com/identitas/askes_mendapat_penghargaan_issa_2012
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016