jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Forum - Menyongsong Jaminan Kesehatan Menyeluruh untuk Seluruh Rakyat Indonesia

02 March 2012
  1. Latar Belakang
UU Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) No. 40/2004 dan UU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) No. 24/2011 telah memberikan amanat kepada Pemerintah, dengan masukan Dewan Jaminan Sosial NasionalDJSN) dan kementerian terkait, untuk membentuk aturan pelaksanaan dari kedua UU tersebut, yang terdiri dari 19 PP, 14 Perpres, dan 1 Keppres.
Sebagai wujud nyata pelaksanaan UU SJSN dan UU BPJS, maka harus dibentuk dua BPJS yang akan melaksanakan lima program jaminan sosial menyeluruh bagi seluruh rakyat: BPJS Kesehatan (transformasi dari PT Askes, mulai beroperasi 1 Januari 2014) dan BPJS Ketenagakerjaan (transformasi dari PT Jamsostek, mulai beroperasi 1 Juli 2015).
Khusus untuk mulai bekerjanya BPJS Kesehatan, yang kurang dari dua tahun lagi, yang paling mendesak saat ini adalah penyusunan dua peraturan pelaksanaan UU SJSN dan UU BPJS, yaitu: Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Jaminan Kesehatan dan Rancangan Peraturan Presiden (Raperpres) tentang Penerima Bantuan Iuran, yang sedang digodok oleh DJSN.
Dua aturan turunan tersebut adalah fondasi penting bagi berjalannya jaminan kesehatan di negeri ini kedepannya. Tentunya kita tidak menginginkan jaminan kesehatan yang sudah menjadi perjuangan kita beberapa tahun belakangan ini malah akan menjadi “product inferiority” yang malah akan mengecewakan kita semua.
Terlebih lagi selama pemerintah dan sebagian anggota DPR selalu saja berulang-ulang menyatakan betapa pelaksanaan jaminan sosial dan jaminan kesehatan khususnya yang “harus realisitis” serta “memperhatikan fiskal dan kestabilan ekonomi negara”. Pernyataan ini seperti menggambarkan pesimistis dan ketidaksungguhan pemerintah dalam mewujudkan jaminan kesehatan menyeluruh bagi seluruh rakyat, yang sesungguhnya bahkan sudah lewat batas waktu tahun 2009 (sesuai amanat UU SJSN).
Menanggapi perkembangan ini, Komite Aksi Jaminan Sosial telah membuat draft sandingan atas draft yang telah disusun oleh DJSN terkait dua aturan turunan tersebut. Pokok-pokok pikiran KAJS terkait dua aturan turunan yang akan kami sampaikan dalam seminar nasional menyongsong jaminan kesehatan menyeluruh bagi seluruh rakyat ini.
Melalui seminar ini KAJS mengundang berbagai pihak guna menghimpun pemikiran dan kekuatan bersama menjawab berbagai persoalan dan hambatan dalam pelaksanaan jaminan kesehatan ini baik itu terkait persoalan fiskal dan juga memberikan pemikiran terkait aturan turunan untuk pelaksanaan BPJS Kesehatan tersebut.
  1. Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan ini adalah :
  1. Pemaparan draft sandingan KAJS terkait RPP Jaminan Kesehatan dan RPerpres Penerima Bantuan Iuran.
  2. Mendiskusikan serta menemukan jawaban atas berbagai persoalan yang dapat menghambat pelaksanaan jaminan kesehatan menyeluruh.
  3. Menghimpun dukungan dan mengkonsolidasikan kerja bersama guna mendorong agar jaminan kesehatan dapat berjalan tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan UU SJSN dan UU BPJS.
  1. Peserta
Peserta seminar ini terdiri dari aktivis serikat buruh, LSM, Akademisi, institusi dan lembaga yang terkait dalam pelaksanaan jaminan kesehatan.
  1. Agenda acara
09.30 – 10.00 : Registrasi dan Coffee Morning
10.00 – 10.30 : Pembukaan & “keynote speech”
  1. Wamenkes RI (Ali Ghufron Mukti)
  2. Sekjen KAJS (Said Iqbal)
10.30 – 12.30 : Diskusi
  1. Analisis dan pemaparan draft sandingan versi KAJS untuk RPP Jaminan Kesehatan dan RPerpres PBI (Indra Munaswar – Presidium KAJS).
  2. Analisis ekonomi dan Fiskal pelaksanaan jaminan kesehatan menyeluruh (Timboel Siregar – Presidium KAJS).
  3. Analisis Anggaran negara terkait pelaksanaan jaminan kesehatan menyeluruh (Gunawan – Koordinator IHCS )
12.30 – 13.00 : Tanya jawab
13.00 – selesai : Penutup & Makan siang
  1. Tempat & Waktu Seminar ini dilaksanakan pada hari Rabu, 29 Februari 2012 di YTKI, Jl. Jend Gatot Subroto Kav. 44, Kuningan Barat, Jakarta Selatan 12710. Untuk konfirmasi kehadiran serta informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Komite Aksi Jaminan Sosial. Contact person : M. Fandrian H. (021- 5703929 - HP 0812 10 333 917, email fandrian88@ymail.com ) dan Rosalina Karamoy (021 – 87796916 )
Jakarta, 22 Februari 2012
 
© Martabat, www.jamsosindonesia.com - 2012

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Menyongsong Jaminan Kesehatan Menyeluruh untuk Seluruh Rakyat Indonesia
http://www.jamsosindonesia.com/forum/menyongsong_jaminan_kesehatan_menyeluruh_untuk_seluruh_rakyat_indonesia
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016