jaminan sosial indonesia

DJSN
Dewan Jaminan Sosial Nasional

x

Login

Lupa Password

DJSN > FUNGSI

FUNGSI

UU SJSN menetapkan bahwa DJSN berfungsi untuk merumuskan kebijakan umum dan sinkronisasi penyelenggaraan SJSN. (Pasal 7 ayat (2) UU No. 40 Tahun 2004).

Dikaitkan dengan penjabaran fungsi tersebut, maka dapat dikemukakan bahwa pada periode transisi (2008 - 2014), DJSN berfungsi merumuskan kebijakan umum dan sinkronisasi penyelenggaraan program jaminan sosial yang diselenggarakan oleh beberapa badan penyelenggara jaminan sosial dan transformasi kelembagaan jaminan sosial (UU No. 40 Tahun 2004  Pasal 1 angka 2).

Pada periode selanjutnya, yakni periode implementasi, DJSN berfungsi merumuskan suatu kebijakan umum dan sinkronisasi penyelenggaraan SJSN agar sesuai dengan mandat UUD NRI 1945 dalam hal penyelenggaraan program jaminan sosial.  Asas dan prinsip penyelenggaraan SJSN menjadi fondasi kebijakan.

Kebijakan umum penyelenggaraan SJSN dipahami sebagai kebijakan yang menyeluruh bersifat garis-garis besar yang berisi tindakan atau serangkaian tindakan yang dilaksanakan oleh BPJS, para peserta, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan penerapan asas, tujuan, dan prinsip, kelembagaan, iuran, jenis program, dan manfaat masing-masing program, serta pengolahan dana jaminan sosial, untuk mewujudkan hak setiap orang atas jaminan sosial yang mengungkapkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermasyarakat, serta sekaligus untuk memenuhi kewajiban negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan.

Sinkronisasi penyelenggaraan SJSN adalah proses agar setiap unsur dari SJSN berinteraksi secara tepat dan terpadu sesuai dengan fungsinya masing-masing untuk mencapai tujuan SJSN.  Sinkronisasi penyelenggaraan SJSN setidak-tidaknya mencakup kegiatan identifikasi permasalahan dan penyebab tidak sinkronnya interaksi masing-masing unsur dalam pelaksanaan fungsinya masing-masing secara tepat dan terintegrasi dalam penyelenggaraan SJSN, serta mencari solusi sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan tata kelola penyelenggaraan SJSN.

KEANGGOTAAN

Ini merupakan sidebar content, ini text bold, ini teks italic Lorem ipsum dolor sit amet, omnes corpora singulis sed eu, eu dicam impedit pro. Te…