Manfaat JAMSOSTEK - Jaminan Pelayanan Kesehatan

  1. Peraturan Pemerintah 14 Tahun 1993 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja
  2. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. PER-12/MEN/VI/2007 Tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran Kepesertaan, Pembayaran Iuran, Pembayaran Santunan dan Pelayanan Jaminan Sosial Tenaga Kerja
  3. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan TransmigrasiNo. 20 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Nomor Per-12/Men/VI/2007 Tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran Kepesertaan, Pembayaran Iuran,  Pembayaran Santunan Dan Pelayanan  Jaminan Sosial Tenaga Kerja

 

1. Pelayanan yang Ditanggung untuk Peserta dan Keluarga

1.1. Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama

Pelayanan dilakukan pada Pelaksana Pelayanan Kesehatan (PPK) Tingkat pertama, yaitu Puskesmas, Klinik, Balai Pengobatan atau Dokter/Dokter Gigi praktek swasta. Pelayanan yang diberikan berupa:

1.2. Pelayanan Rawat Jalan Tingkat II (Lanjutan, Dokter Spesialis)

Pelayanan dilakukan pada Pelaksana Pelayanan Kesehatan (PPK) tingkat lanjut, yaitu dokter spesialis pada rumah sakit yang ditunjuk. Pelayanan yang diberikan meliputi:

  1. Pemeriksaan laboratorium
  2. Pemeriksaan radiologi
  3. Pemeriksaan patologi anatomi, mikrobiologi
  4. Pemeriksaan elektromedik
  5. Pemeriksaan elektromedik canggih antara lain : MSCT Scan (Multi Slice CT- Scan), MSCT-Scan dengan fly through endoscopy, CT Scan dengan 64 slices, CT Scan dual source, Percutaneus Coronary Angiography (PTCA), Doppler Supra Articulair (DSA) ditanggung dengan surat jaminan dan sesuai indikasi medis  dan diganti setinggi-tingginya setara pemeriksaan MRI di rumah sakit kerjasama/reimbursement.

1.3. Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit

Pelayanan dilakukan pada Pelaksana Pelayanan Kesehatan (PPK) tingkat lanjut, yaitu rumah sakit Umum Pemerintah/TNI/BUMN/Swasta. Pelayanan yang diberikan meliputi:

1.4. Pelayanan Persalinan

Persalinan yang ditanggung adalah untuk anak kesatu, kedua, dan ketiga yang terjadi pada kehamilan diatas 26 minggu. Pelayanan yang diberikan meliputi:

1.5. Gawat Darurat

Gawat darurat adalah suatu keadaan dimana peserta membutuhkan pertolongan segera, yang bila tidak dilakukan dapat membahayakan jiwa, meliputi:

  1. Kecelakaan yang bukan karena kecelakaan kerja;
  2. Serangan jantung;
  3. Serangan asma berat;
  4. Kejang demam/panas minimal 390 Celcius;
  5. Perdarahan hebat;
  6. Muntah berak (dehidrasi berat);
  7. Kehilangan kesadaran (koma);
  8. Keadaan gelisah pada penderita gangguan jiwa;
  9. Colic renal/colic abdomen; dan
  10. Persalinan mendadak yang harus segera dilakukan tindakan seperti: preeklamsi berat, fetal distress, perdarahan, ketuban pecah dini (KPD). Yang dimaksud persalinan mendadak tersebut adalah persalinan yang terjadi dengan risiko tinggi yang dapat mengancam/membahayakan jiwa ibu dan bayi yang dikandung (sesuai dengan keadaan emergensi/gawat darurat serta didukung dengan data-data pendukung sesuai penyebabnya masing-masing) dan harus mendapatkan tindakan medis CITO (segera).

Pelayanan bisa didapatkan di fasilitas pelayanan rawat jalan tingkat pertama (Puskesmas, klinik, balai pengobatan, dokter umum/gigi praktek swasta) pada jam buka atau di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit yang ditunjuk. Pelayanan yang dijamin meliputi:

1.6. Pelayanan Tambahan Penyakit Kronis dan Kritis

  1. Tindakan Hemodialisis (cuci darah)

Pelayanan Hemodialisis (cuci darah) diberikan kepada Tenaga Kerja dan keluarganyasebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan/perawatan dokter spesialis dengan ketentuan:

  1. Tindakan Operasi Jantung

Tindakan Operasi Jantung diberikan kepada Tenaga Kerja dan keluarganya sebagaitindak lanjut dari hasil pemeriksaan / perawatan dokter spesialis denganketentuan :

  1. Pengobatan Penyakit Kanker

Pengobatan Penyakit Kanker diberikan kepadaTenaga Kerja dan keluarganya sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan /perawatan dokter spesialis dengan ketentuan :

  1. Pengobatan Penyakit HIV/AIDS

Pengobatan Penyakit HIV/AIDS diberikan kepadaTenaga Kerja dan keluarganya sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan /perawatan dokter spesialis dengan ketentuan :

  1. Tindakan Transplantasi Organ

Tindakan TransplantasiOrgan  diberikan kepada Tenaga Kerja dankeluarganya sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan / perawatan dokterspesialis dengan ketentuan :

1.7. Pelayanan Klaim Perorangan

Peserta dapat mengajukan klaim perorangan hanya pada kasus sebagai berikut:

 

2. Pelayanan yang Ditanggung Hanya untuk Peserta

Pelayanan Khusus, yaitu pelayanan rehabilitasi dan pelayanan lainnya yang diberikan untuk mengembalikan fungsi tubuh, mencakup:

  1. Biaya frame dan lensa, setingi-tingginya Rp300.000;
  2. Penggantian lensa atas indikasi medis paling cepat dua tahun sekali sebesar Rp150.000;
  3. Penggantian frame 3 (tiga) tahun sekali sebesar Rp150.000;
  4. Diberikan dalam bentuk pelayanan sesuai prosedur yang berlaku di optik yang bekerjasama.
  1. Biaya mata palsu maksimum Rp 900.000;
  2. Penggantian berikutnya hanya dilakukan setelah tiga tahun pembuatan pertama;
  3. Secara reimbursement peserta membayar terlebih dahulu kemudian klaim ke PT. Jamsostek (Persero).

 

  1. Gigi palsu yang diberikan adalah jenis gigi tiruan lepas dengan bahan acrylic dan dapat diberikan pelayanannya di PPK I;
  2. Biaya gigi palsu ditetapkan maksimum Rp.1.000.000 dan per rahang  Rp.500.000 dengan perincian biaya pemasangan plat gigi pertama sebesar Rp 200.000 dan biaya per gigi selanjutnya Rp.20.000;
  3. Penggantian berikutnya hanya dilakukan setelah tiga tahun pembuatan pertama.

 

  1. Biaya alat bantu dengar maksimum Rp. 1.000.000;
  2. Penggantian berikutnya hanya dilakukan setelah tiga tahun pembuatan pertama;
  3. Dapat diberikan dalam bentuk pelayanan di PPK I atau berlaku sistem reimbursement peserta membayar terlebih dahulu kemudian klaim ke PT. Jamsostek (Persero).
  1. Biaya prothesa anggota gerak atas (tangan palsu) maksimal Rp1.050.000;
  2. Biaya Prothesa anggota gerak bawah (kaki palsu) maksimal Rp.1.500.000;
  3. Penggantian berikutnya hanya dilakukan setelah tiga tahun pembuatan pertama;
  4. Dapat diberikan dalam bentuk pelayanan dengan bekerjasama dengan toko alat kesehatan/Bagian Rehabilitasi Medis RS atau berlaku sistem reimbursement peserta membayar terlebih dahulu kemudian klaim ke PT. Jamsostek (Persero)

 

3. Pelayanan yang Tidak Ditanggung

3.1. Ketentuan Menyangkut Peserta

3.2. Ketentuan Menyangkut Pelayanan Kesehatan

3.3. Obat-obatan

3.4. Biaya Tertentu

 


 

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Manfaat JAMSOSTEK - Jaminan Pelayanan Kesehatan
__link_footer__
© Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2013