jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Instrumen Reviu Kelas RS

Instrumen Reviu Kelas RS diatur dalam tiga peraturan yaitu:

  1. Permenkes No. 340/MENKES/PER/III/2010 tentang Klasifikasi RS,
  2. Permenkes No. 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan RS, dan
  3. Permenkes No. 31 Tahun 2018 tetang Aplikasi Sarana, Prasaran, dan Alat Kesehatan, aplikasi RS Online (versi 2) yang berisi komponen data SDM (jenis dan jumlah) serta ASPAK (sarana, prasarana, alat)

Untuk RS Khusus, selain reviu melalui standar RS Khusus, maka untuk pelayanan umum di luar kekhususannya, juga dilakukan reviu kelas melalui standar klasifikasi RS Umum sesuai kelas B, C, dan D.

Melalui Surat Edaran Nomor: HK.02.02/III/4776/2018 tentang Review Kelas Rumah Sakit pada 8 Oktober 2018, Menteri Kesehatan memberikan arahan kepada seluruh RSUD, RS TNI, RS Polri, dan RS Swasta untuk memperbaharui data terkini seluruh aspek/komponen pada aplikasi RS Online dan Aplikasi Sarana dan Alat Kesehatan (ASPAK) secara lengkap, serta mengirimkan data pendukung lainnya yakni, dokumen profil RS, SIP dokter dan tenaga kesehatan lainnya, izin operasional yang masih berlaku, sertifikat akreditasi dan dokumen pendukung lainnya. Data yang ada di aplikasi RS Online, ASPAK dan sumber lainnya akan menjadi penilaian reviu kelas RS untuk melihat kesesuaian penyelenggaraan RS, jenis, dan klasifikasinya.