jaminan sosial indonesia

DJSN
Dewan Jaminan Sosial Nasional

x

Login

Lupa Password

DJSN > SEKRETARIAT > KEDUDUKAN SEKRETARIAT DJSN

Kedudukan Sekretariat DJSN

Kedudukan Sekretariat DJSN adalah sebagai unsur pembantu DJSN dalam melaksanakan tugasnya (Pasal 8 ayat (4) UU No. 40 Tahun 2004 dan Pasal 14 ayat (1) Perpres Nomor 46 Tahun 2014). UU SJSN mengatur bahwa,

“Dalam melaksanakan tugasnya, Dewan Jaminan Sosial Nasional dibantu oleh Sekretariat Dewan yang dipimpin oleh seorang sekretaris yang diangkat dan diberhentikan oleh Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional”.

Ketentuan UU SJSN tersebut di atas selanjutnya dioperasionalkan dengan menetapkan Sekretariat Eselon II dengan Peraturan Presiden No. 44 Tahun 2008 dan penggantinya yaitu Peraturan Presiden No. 44 Tahun 2014.  Struktur organisasi Sekretariat Eselon II ditampilkan dalam diagram di bawah ini.

Sebagai Sekretariat Eselon II, Sekretaris DJSN berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua DJSN yang pembinaannya secara administratif dilakukan oleh Menteri melalui Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Pasal 14 ayat (3) Perpres Nomor 46 Tahun 2014).  Sekretaris merupakan jabatan struktural eselon IIa yang dijabat oleh pegawai negeri (Pasal 14 ayat (2) Perpres Nomor 46 Tahun 2014). 

Gambar 3.  Struktur Organisasi Sekretariat LNS Eselon II, III, IV


Sumber: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, 2014

KEANGGOTAAN

Keanggotaan