jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Edisi 1 | Paham Reviu Kelas Rumah Sakit

Tanggal Posting : 22 Jan 2020

 

 

Kami hadir kembali mengisi kekayaan literasi dan menyampaikan isu aktual dan terpercaya tentang jaminan sosial di Indonesia. Kali ini kami menghadirkan buletin dengan Reviu Kelas Rumah Sakit (RS). Isu akreditasi RS merebak pada pertengahan Juli lalu dengan naiknya pemberitaan 615 RS mitra BPJS Kesehatan yang mengalami penurunan kelas pasca hasil reviu kelas RS yang direkomendasikan pasca keluarnya Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

BPKP menyatakan adanya inefisiensi pembayaran klaim RS sebanyak Rp. 819 milyar pada tahun 2018. Auditor BPKP pun menemukan banyak ketidaksesuaian sarana, prasarana, dan sumber daya manusia dengan standar kriteria kelas RS serta tidak ada koreksi izin operasional kelas RS. Hal ini mengakibatkan RS tetap memiliki izin operasional dengan kelas yang lebih tinggi, sehingga BPJS Kesehatan terpaksa harus membayarkan tarif pelayanan lebih tinggi yang pada akhirnya menjadi salah satu faktor pendorong defisit Dana Jaminan Sosial Kesehatan.

Diawali dengan ulasan mengenai ‘BPKP Mendesak Reviu Kelas RS’ kemudian dilanjutkan dengan perihal teknis pelaksanaan reviu kelas dan aspek penilaian indikator SDM serta peran dan tugas masing-masing instansi dalam reviu kelas RS. Selanjutnya pembaca diajak untuk menyelami hasil final penilaian ulang reviu kelas RS. Pada halaman terakhir disuguhkan konten ragam visual yang mengulas Pembaca kemudian diajak menelusuri kronologis lini masa pelaksanaan reviu kelas RS dalam rentang tahun 2018-2019 dan deadline tindak lanjut pasca Kepmenkes hasil reviu kelas RS.