jaminan sosial indonesia

BPJS
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

x

Login

Lupa Password

BPJS > ASET DAN LIABILITAS

PENGELOLAAN LIABILITAS

Liabilitas adalah kewajiban program jaminan sosial sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di bidang sistem jaminan sosial nasional (Pasal 1 angka (9) PP No. 99 Tahun 2013).  Kewajiban program jaminan sosial mencakup seluruh pengeluaran terkait penyelenggaraan program jaminan sosial dan pembayaran manfaat kepada Peserta.

Sebagaimana pengelolaan aset, pengelolaan liabilitas jaminan sosial dipisahkan antara liabilitas BPJS dan liabilitas Dana Jaminan Sosial (Pasal 16 PP No. 87 Tahun 2013 dan Pasal 16 PP No. 99 Tahun 2013).

Read More >

INVESTASI

BPJS berwewenang menempatkan dana jaminan sosial untuk investasi jangka pendek dan jangka panjang.  Investasi bertujuan untuk pengembangan aset BPJS dan aset DJS. 

Ketentuan investasi dana jaminan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Menerapkan manajemen risiko (Pasal 29 ayat (1) PP No. 87 Tahun 2013 dan Pasal 33 ayat (1) PP No. 99 Tahun 2013).
  2. Mempertimbangkan aspek likuiditas, solvabilitas, kehati-hatian, keamanan dana, dan hasil yang memadai.(Pasal 11b UU No. 24 Tahun 2011)

Read More >

BPJS KESEHATAN

Terwujudnya Jaminan Kesehatan (JKN-KIS) yang berkualitas dan berkesinambungan bagi seluruh Penduduk Indonesia pada tahun 2019 berlandaskan gotong royong yang berkeadilan melalui BPJS…