jaminan sosial indonesia

BPJS
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

x

Login

Lupa Password

BPJS > ASET DAN LIABILITAS

DANA OPERASIONAL BPJS

Dana Operasional adalah bagian dari akumulasi iuran jaminan sosial serta hasil pengembangannya yang dapat digunakan BPJS untuk membiayai kegiatan operasional penyelenggaraan program jaminan sosial.

BPJS berhak memperoleh dana operasional untuk penyelenggaraan program jaminan sosial.  Dan operasional bersumber dari Dana Jaminan Sosial dan/atau sumber lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undanga (Pasal 12a UU No. 24 Tahun 2011).  Dengan kata lain, dana operasional BPJS bersumber dari aset BPJS dan aset DJS. 

Read More >

PENETAPAN DANA OPERASIONAL BPJS

BPJS mengusulkan persentase dana operasional kepada Menteri Keuangan paling lambat tiga bulan sebelum tahun anggaran bersangkutan dengan melampirkan rencana kerja anggaran tahunan BPJS.  Selanjutnya, Menteri Keuangan menetapkannya paling lambat 1 bulan sebelum tahun anggaran berjalan (Pasal 14 ayat (1), (2) PP No. 87 Tahun 2013 dan Pasal 14 ayat (1),(2)PP No. 99 Tahun 2013).

Read More >

BPJS KESEHATAN

Terwujudnya Jaminan Kesehatan (JKN-KIS) yang berkualitas dan berkesinambungan bagi seluruh Penduduk Indonesia pada tahun 2019 berlandaskan gotong royong yang berkeadilan melalui BPJS…