jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Sejarah

Askes Terkini

Saat ini, PT Askes (Persero) Tengah mempersiapkan dirinya untuk menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-Kesehatan) yang akan mulai beroperasi pada 1 Januari 2014. Hal ini sesuai dengan amanat UU No.24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan.

BPJS Kesehatan akan menyelenggarakan Program Jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia termasuk pekerja asing yang bekerja di Indonesia sekurang-kurangnya enam bulan (Pasal 6 ayat (1) UU BPJS). Pada tahap awal, peserta BPJS Kesehatan adalah seluruh peserta PT Askes (Persero), peserta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) PT Jamsostek (Persero), peserta Jamkesmas, dan seluruh anggota TNI/POLRI dan Keluarganya. Selanjutnya BPJS Kesehatan akan terus melakukan perluasan cakupan kepesertaannya hingga seluruh masyarakat Indonesia tercakup dalam jaminan ini di tahun 2019. (selengkapnya lihat Peta Jalan Menuju Jaminan Kesehatan Nasional

Secara garis besar, Peta Jalan PT Askes (Persero) yang dilakukan dalam mempersiapkan dirinya menuju BPJS Kesehatan adalah:

Gambar 1. Peta Jalan PT Askes (Persero) Menuju BPJS Kesehatan

Gambar 2. Persiapan Operasional PT Askes Menuju BPJS Kesehatan 2014