jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Klinik / Pertanyaan

Anggota Keluarga Sudah Meninggal Masih Ditarik Iuran BPJS Kesehatan

26 December 2016
Saya mendapat informasi bahwa iuran BPJS Kesehatan dibayarkan secara kolektif satu keluarga. Tetapi, saat saya mau membayarkan iuran keluarga, saya terkejut karena tidak bisa membayar, alasannya masih ada iuran tertunggak dari anggota keluarga yang telah meninggal, hampir Rp. 1.000.000,-. Mohon bantuan informasi, apa yang harus saya lakukan?.

Jawaban

Kami turut bersimpati atas kejadian yang menimpa Anda. Saudara tidak perlu mengalami kejadian tersebut, apabila mematuhi kewajiban untuk melaporkan peristiwa kematian anggota keluarga Anda paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak terjadinya perubahan jumlah anggota keluarga Anda karena meninggal dunia. (Pasal 10 ayat (1) dan (2) Per BPJS Kes No. 1 Tahun 2015 ).
 
Jangan lupa lampirkan fotokopi akta kematian anggota keluarga dan fotocopi kartu keluarga Anda. Setelah diverifikasi oleh petugas BPJS Kesehatan, mudah-mudahan pembayaran iuran selanjutnya sudah dapat dilakukan sesuai dengan data terakhir anggota keluarga Anda.
 
Mengenai tagihan iuran tertunggak, belum ada aturan yang jelas mengatur. Pasal 28 Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan, menyatakan segala kerugian dan/atau biaya yang terjadi akibat keterlambatan dan/atau kelalaian pelaporan perubahan data Peserta Jaminan Kesehatan menjadi beban Peserta. Berdasarkan ketentuan ini risiko kelalaian Anda melaporkan perubahan data kepesertaan menjadi risiko Anda. 

Konsultan Martabat