jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Klinik / Pertanyaan

Prosedur persalinan caesar dengan BPJS Kesehatan

03 March 2014
Bagaimana prosedur untuk melakukan persalinan sesar? Berapa besar klaim yang diganti oleh BPJS Kesehatan?

Jawaban

Besaran biaya pelayanan kesehatan untuk peserta yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Peraturan Menteri Kesehatan No. 52 Tahun 2016 dan Peraturan Menteri Kesehatan No. 64 Tahun 2016.

Besaran biaya pelayanan kesehatan di rumah sakit diatur dalam standar tarif Indonesian-Case Based Groups (INA-CBG’s). Tarif INA-CBG’s adalah besaran pembayaran klaim oleh BPJS Kesehatan kepada Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan atas paket layanan yang didasarkan kepada pengelompokan diagnosis penyakit dan prosedur. (Peraturan Menteri Kesehatan No. 52 Tahun 2016 Pasal 1 angka 3)

Sesuai ketentuan Lampiran Peraturan Menteri Kesehatan No. 64 Tahun 2016 yang berisi tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (INA-CBG's), seluruh biaya persalinan dengan operasi caesar dijamin oleh BPJS Kesehatan selama peserta mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku. Tindakan operasi caesar juga harus dilakukan atas indikasi medis yang jelas dari dokter atau tenaga medis (bukan atas permintaan peserta sendiri).
Besaran tarif INA-CBG's ini dibedakan menjadi tarif rawat jalan dan rawat inap yang dikelompokkan berdasarkan 5 wilayah regional dan jenis serta kelas perawatan rumah sakit. Rumah sakit mengajukan klaim kepada BPJS Kesehatan dan BPJS Kesehatan juga membayar klaim tersebut sesuai standar tarif INA-CBG’s.

Rumah sakit tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta, kecuali jika peserta tersebut tidak mematuhi prosedur dan ketentuan yang berlaku, dan/atau meminta hak di luar/lebih tinggi dari hak kelas perawatannya, seperti naik kelas rawat inap, ganti obat, tambah vitamin, dan lain-lain.
Dibawah ini adalah salah satu gambaran tarif INA-CBG’s untuk operasi caesar (Lampiran Peraturan Menteri Kesehatan No. 64 Tahun 2016 untuk Wilayah Regional 1 Rumah Sakit Kelas A Pemerintah Rawat Inap)
 

Konsultan Martabat