jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Opini - MENUNGGU HASIL PANITIA SELEKSI

Oleh: A.A Oka Mahendra, S.H. 11 December 2015

Panitia Seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas dan Calon Anggota BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan telah bekerja keras sesuai dengan jadwal waktu yang ditetapkan.

Meskipun waktu yang tersedia sangat singkat, namun panitia Seleksi dapat memanfaatkan waktu yang tersedia secara efektif, fokus pada misi yang diemban.

Targetnya sebelum 31 Desember 2015 pemilihan Calon Anggota Dewan Pengawas dan Calon Anggota Direksi kedua BPJS dapat dituntaskan. Keputusan Presiden tentang Pengangkatan Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi kedua BPJS tersebut telah ditanda tangani oleh Presiden.

Sehingga tanggal 1 Januari 2016 Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi kedua BPJS hasil seleksi dapat dilantik dan segera melaksanakan tugasnya.

BPJS harus berjalan, tidak boleh ada waktu jeda, karena menyangkut pemenuhan hak konstitusional atas jaminan sosial bagi seluruh penduduk.

Masyarakat berharap Panitia Seleksi dapat memilih dan menetapkan Calon Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi kedua BPJS yang profesional, kompeten di bidangnya dan memiliki integritas tinggi dalam mengelola dana amanah untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi Peserta dan anggota keluarganya.

Agar BPJS responsif terhadap perkembangan keadaan diperlukan masuknya "pendatang baru", sebagai top guns yang kreatif, inovatif dan dinamis. Tentu tidak menutup kemungkinan bagi incumbent untuk manggung lagi. Tetapi harus benar-benar dipilih yang pengalamannya, kepemimpinan dan profesionalitasnya diperlukan untuk menjaga kesinambungan penyelenggaraan program jaminan sosial. Proporsi incumbent dan "pendatang baru" harus diperhitungkan dengan cermat agar tidak membuat BPJS konservatif kehilangan elan vitalnya untuk secara dinamis merespon tuntutan Peserta dan perubahan lingkungan strategis ke depan nanti.

Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi kedua BPJS hasil pilihan Panitia Seleksi diharapkan mampu "to improving performance and equity for getting national social security reform going on the right path."

Kinerja Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi kedua BPJS hasil pilihan Panitia Seleksi dinilai bukan saja dari apa yang akan dilakukannya setelah menjabat, tetapi dari perubahan atau pembaharuan yang sungguh-sungguh dihasilkannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Mereka dituntut mampu mengidentifikasi tujuan secara eksplisit, mendiagnosis secara sistematis mengapa performen BPJS kurang memadai, dan melakukan pembaharuan nyata untuk meningkatkan performen BPJS dalam memperbaiki kinerjanya.

Untuk itu, Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi Kedua BPJS yang baru nanti harus melakukan perubahan strategis berbasis analisa yang jujur atas sarana dan tujuan.

Kita tunggu hasil kerja Panitia Seleksi. Jangan sampai terlibat.

Jika terlambat akan menimbulkan dampak yuridis dan sosial yang dapat mengurangi kredibilitas pemerintah, khususnya Panitia Seleksi.

Sebab, jaminan sosial merupakan elemen esensial yang diperlukan bagi setiap orang untuk mengembangkan dirinya agar hidup lebih sejahtera. Selain itu, merupakan hak setiap orang yang dijamin dalam konstitusi. Karena itu, wajib dipenuhi.

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
MENUNGGU HASIL PANITIA SELEKSI
http://www.jamsosindonesia.com/opini/menunggu_hasil_panitia_seleksi
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019

Komentar
Email*
Nama
Website