jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Opini - DR.H SULASTOMO, MPH, AAK : “Saya ketar ketir, mengikuti proses transformasi PT Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan“

Oleh: A. A. Oka Mahendra, S.H. & dr. Asih Eka Putri 19 September 2012

 www.jamsosindonesia.com, Jakarta 18 September 2012

“Saya ketar ketir, mengikuti proses transformasi PT Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan yang berjalan lamban, kata DR. Sulastomo, pakar Jaminan Kesehatan dalam perbincangan dengan jamsosindonesia.com, di kantor PT Askes (Persero) yang megah, pada tanggal 18 September 2012.

Mas Tom begitu panggilan akrabnya, mengemukakan bahwa kekawatirannya itu disebabkan karena sampai saat ini peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS sebagai dasar hukum beroperasinya BPJS Kesehatan pada tanggal 1 Januari 2014, belum rampung.Pada hal Undang-Undang BPJS menentukan pada 24 November 2012 peraturan pelaksanaan yang mendukung beroperasinya BPJS Kesehatan harus sudah diundangkan.

Sementara itu waktu terus bergulir dengan cepat.Tinggal 468 hari lagi.BPJS Kesehatan beroperasi memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh peserta.

PT Askes (Persero) sendiri tutup buku,pada saat beroperasinya BPJS Kesehatan.

Program jaminan kesehatan yang selama ini diselenggarakan oleh instansi atau badan penyelenggara selain PT Askes (Persero) harus dialihkan ke BPJS Kesehatan.

TIDAK MEMAHAMI FILOSOFI

Selain itu menurutnya penentu kebijakan  tidak memahami filosofi sistem jaminan sosial yang prinsip-prinsipnya telah dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang SJSN.

Dalam benak mereka masih melekat penyelenggaraan jaminan kesehatan oleh BUMN yang pro laba. Pemikiran seperti itu bertolak belakang dengan jaminan kesehatan sebagai bagian dari SJSN yang berfungsi untuk memenuhi hak setiap orang atas pelayanan kesehatan yang  dijamin dalam konstitusi.

Mas Tom sangat kawatir jika pada tanggal 1 Januari 2014 nanti BPJS Kesehatan belum beroperasi. Ia tidak dapat membayangkan kekecewaan masyarakat yang telah lama berharap  jaminan kesehatan berfungsi efektif melindungi seluruh penduduk,agar rakyat  dapat hidup sehat dan produktif.

Sehubungan dengan itu, ia mendesak pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya yang bertanggung jawab dalam proses trasformasi PT Askes (Persero) untuk bekerja lebih serius agar transformasi berjalan sesuai dengan rencana. (OM/AEP).

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
DR.H SULASTOMO, MPH, AAK : “Saya ketar ketir, mengikuti proses transformasi PT Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan“
http://www.jamsosindonesia.com/opini/dr.h_sulastomo_mph_aak_saya_ketar_ketir_mengikuti_proses_transformasi_pt_askes_persero_menjadi_bpjs_kesehatan
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019

Komentar
Email*
Nama
Website