x

Login

Lupa Password

Berita SJSN > Jamkesda

11 April 2012

Sumbar Alokasikan Dana untuk Jamsos Sakato

PADANG (EKSPOSnews):Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengalokasikan anggaran senilai Rp60 miliar untuk jaminan kesehatan Sumatera Barat Sakato pada 2012.

"Dana itu bersumber dari sharing DPRD di 19 kota dan kabupaten di Sumatera Barat dengan total Rp42 miliar dan dana sharing dari DPRD Provinsi Sumatera Barat sebesar Rp18 miliar untuk 833.751 peserta," kata Ketua DPRD Sumatera Barat Yulteknil di Padang, Selasa 10 April 2012.

Dari seluruh daerah di Sumbar, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengalokasikan dana terbesar yang mencapai Rp4,6 miliar dengan jumlah peserta sebanyak 92.321 jiwa.

Kota Padang berada di urutan kedua dengan mengalokasikan anggaran senilai Rp4,3 miliar dengan jumlah peserta sebanyak 86,748 jiwa.

Sementara, Sawahlunto menjadi daerah yang mengalokasikan anggaran yang paling kecil yang hanya Rp227 juta dengan jumlah peserta 4.505 jiwa.

Menurut Yulteknil, dukungan pemerintah provinsi Sumbar serta kabupaten/ kota untuk jaminan kesehatan ini dilatari karena masih banyak penduduk miskin yang tidak tertampung dalam program Jamkesmas.

"Pada 2007 hingga 2011 premi Jamkesda yang diterima masyarakat sebesar Rp10.000 per orang per bulan atau Rp120.000 per tahun. Akibat bertambahnya peserta Jamkesda premi menjadi Rp6.000 per orang per bulan atau Rp72.000 per tahun," jelasnya.

Ia menambahkan, badan penyelenggara Jamkesda itu dipilih baik dari nasional yakni PT Askes maupun badan penyelenggara daerah yang memiliki badan hukum seperti PT Sanjung Husada Mandiri atau SHM di Kabupaten Sijunjung, Sumbar.

"Pemberi pelayanan kesehatan itu adalah dokter keluarga atau puskesmas yang dikontrak badan pelaksana Jamkesda se-Sumbar atau rumah sakit pemerintah kelas III yang dikontrak badan pelaksana Jamkesda," katanya.(antara)

 

Sumber : Ekspos News

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website
IklanIklan



Kembali Ke Jamsosda Atas