x

Login

Lupa Password

Berita SJSN > Pelayanan Kesehatan

11 Mei 2012

RSUD Salewangan Akan Tingkatkan Pelayanan

Rumah Sakit Umum Daerah Salewangan, Maros, menyiapkan dana Rp 1,6 miliar untuk menaikkan kelas pelayanan dari tipe C menjadi C plus dengan memperbaiki sarana penunjang rumah sakit, salah satunya memperbaiki fasilitas instalasi gawat darurat.

Sebelumnya, ruangan gawat darurat hanya berlantai satu. Tahun ini bangunan itu akan dijadikan berlantai dua. “Tahun ini pembangunannya akan kembali dilakukan, targetnya harus selesai sebelum akhir tahun. Saat ini sudah masuk proses tender, anggarannya sekitar Rp 1,6 miliar,“ kata Direktur Umum Rumah Sakit, Eddi Moektar, di Maros kemarin.

Eddy menjelaskan, di dalam instalasi gawat darurat akan disediakan ruang operasi untuk keadaan darurat, seperti menangani korban kecelakaan lalu lintas. Selama ini korban yang harus menjalani operasi terpaksa dirujuk ke Makassar.

“Karena tidak adanya fasilitas yang disediakan, hampir semua pasien kecelakaan, setelah mendapatkan pertolongan pertama, langsung dirujuk ke Makassar,“kata Eddi. Selain peningkatan fasilitas, rumah sakit akan dilengkapi fasilitas alat-alat kesehatan lainnya.

Eddy membantah kabar bahwa rumah sakit kekurangan tenaga dokter spesialis. Menurut dia, sebenarnya RSUD Salewangan memiliki dokter spesialis yang cukup. Hanya, kadang kala pasien tidak mau bersabar dan tidak menepati jam berkunjung dokter.

“Kita harus memahami, kadang kala dokter ahli itu memiliki tempat tugas di tiga rumah sakit sekaligus. Itu tidak dimungkiri. Tapi bukan berarti kami kekurangan dokter. Untuk dokter umum, kami punya sekitar 20 orang,“kata Eddi.

 

Sumber :  Tempo epaper

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website
Iklan



Kembali Ke Jamsosda Atas