x

Login

Lupa Password

Berita SJSN > Jaminan Kesehatan

15 Agustus 2013

Pemerintah diminta alihkan peserta Jamkesda ke JKN

JAKARTA. Anggota Komisi IX DPR, Surya Chandra Suropatty, mendesak pemerintah segera mengalihkan kepesertaan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ini penting untuk menghindari tumpang tindih anggaran negara untuk alokasi kesehatan.

Pemerintah diminta alihkan peserta Jamkesda ke JKN

Menurut Surya, dirinya sudah menyampaikan kepada Kementerian Kesehatan saat Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR. "Saya minta kalau program JKN sudah diberlakukan, jangan lagi ada Jamkesda," kata Surya saat dihubungi KONTAN, Rabu (14/8).

Surya menjelaskan, prinsip dasar Program JKN adalah setiap orang warga negara Republik Indonesia, mendapatkan jaminan kesehatan.

Khusus untuk warga yang tidak mampu, mendapat fasilitas Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang sumber dananya berasal dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Jadi, kalau ini sudah jalan, jangan lagi ada program lain yang mendapat alokasi dana dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," jelas Surya.

Program JKN sendiri akan mulai berlangsung setelah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) beroperasi pada 1 Januari 2014.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, menegaskan, sejauh ini target peserta PBI adalah 40% penduduk Indonesia atau sekitar 86,4 juta orang. "Sisanya 5% akan dicover Jamkesda," kata Agung.

Sumber: Kontan.co.id

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website
Iklan



Kembali Ke Jamsosda Atas