x

Login

Lupa Password

Berita SJSN > Jamkesda

05 Januari 2013

Pasien Leukemia Tetap Dibantu Jamkesda

CIAMIS, (PRLM).-Seluruh pengguna Jamkesda ataupun SKTM harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama. Tidak diperkenankan adanya diskriminasi ataupun pengkategorian jenis penyakit yang dapat dibantu pengobatannya oleh pemerintah.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Ciamis Engkon Komara menanggapi permasalahan Kartini (53) pasien Leukemia.

Engkon mengaku telah mengetahui permasalahan yang dihadapi warga Desa Sukamulya RT 7 RW 2 Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis tersebut. Ia mengungkapkan akan segera melakukan pemeriksaan.

"Saya akan cek kenapa bisa ada pengkategorian. Kalau benar ada pengkategorian artinya ada diskriminasi. Itu tidak dibenarkan," ujarnya.

Engkon pun mengatakan pasien Leukemia akan tetap masuk dalam bantuan pemerintah. Apabila kuota bantuan Jamkesda yang diberikan kepada pasien tidak mencukupi, maka pihaknya akan mencarikan bantuan dari pihak ketiga untuk pengobatan pasien. Salah satunya bantuan dari Yayasan Kanker.

"Kami akan bantu pengobatannya, apabila ada kekurangan, pemerintah akan mencarikan tambahannya," ujar Engkon.

Lebih lanjut Engkon memaparkan berdasarkan penjelasan yang ia terima dari pihak RSUD Ciamis, belum diobatinya Kartini dikarenakan RSUD tersebut tidak memiliki kemampuan untuk memberikan pengobatan. Pasien harus dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Penjelasan dari RSUD karena rumah sakit kita tipe C dan belum memiliki kemampuan untuk menangani pasien Leukemia sehingga harus dirujuk," kata Engkon.

Sementara, penjelasan berbeda disampaikan sehari sebelumnya. Nurul bagian informasi RSUD Ciamis mengatakan berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan dokter Kartini menderita leukemia atau kanker darah. Dikatakannya penyakit itu tidak termasuk dalam kategori penyakit yang dibantu pemerintah.

"Kami bukan menolak, tapi penyakitnya tidak masuk kategori SKTM," ucap Nurul saat itu.

Diberitakan sebelumnya, Kartini (53) telah sembilan hari berada di RSUD Ciamis. Kartini yang merupakan warga kurang mampu belum juga menjalani pengobatan bagi pasien Leukemia. Pasalnya penyakit yang dideritanya tidak termasuk dalam kategori penyakit yang dibantu pemerintah melalui program Jamkesda atau SKTM. (A-188/A-107)**

Sumber: Pikiran Rakyat

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website
IklanIklan



Kembali Ke Jamsosda Atas