jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Berita SJSN > Jaminan Kesehatan

09 Juli 2017

Pasien Ditolak karena di Luar Wilayah

BERAGAM persoalan masih melingkupi layanan BPJS. Di antara persoalan yang sering dikeluhkan pemegang kartu BPJS adalah tidak diterimanya pasien saat berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), karena pemegang kartu tidak tercatat di wilayah FKTP tersebut.

Hal ini pula yang dialami oleh Zulkarnaini Masry, Wartawan Harian Kompas, tadi malam. Pengalaman ini diceritakan Zulkarnaini melalui akun Facebooknya, pukul 20.40 WIB. Pada saat bersamaan, Serambi sedang mewawancarai Kepala BPJS Cabang Banda Aceh, dr Sari Quratul Ainy AKK, melalui pesan Whatsapp, sehingga bisa langsung meminta tanggapan tentang kejadian itu.

“Pulang dari Samahani, istri tiba-tiba demam. Berobat ke klinik di Aneuk Galong, BPJS tidak bisa dipakai sebab kami terdaftar di Puskesmas di Jayabaru, Banda Aceh. Sementara sakit tidak bisa direncanakan. Padahal kalau bayar premi boleh di mana pun kita berada,” tulis Zulkarnaini Masry dalam status Facebooknya tadi malam.

Dihubungi Serambi, pria yang akrab disapa Zul Masry ini menjelaskan, saat tiba di klinik tersebut, ia langsung memberi tahu petugas ingin berobat dengan kartu BPJS. Lalu petugas menanyakan kepadanya tinggal di mana. “Kami jawab, tinggal di Ulee Kareng. Terus mereka bilang ‘BPJS tidak bisa dipakai kalau Bapak tidak terdaftar di sini’ saya pun tidak mau berdebat, karena saya sedang butuh, jadi pakai jalur umum saja,” katanya.

Meski ujung-ujung harus membayar, Zulkarnaini tidak mempersoalkannya. Lagi pun biaya yang harus ditebus saat dia memeriksa kesehatan istrinya di klinik itu, tidak begitu mahal. Namun, Zulkarnaini merasa hal itu harus dibenahi BPJS, agar tidak sampai dialami warga yang tidak memiliki biaya untuk berobat.

“Bagi saya bukan persoalan biayanya. Kita okelah masih bisa klaim ke kantor, tapi bagaimana jika itu dialami oleh masyarakat biasa yang tidak punya uang,” ujar Zulkarnaini.

Tetap bisa berobat

Dikonfirmasi tentang hal ini, Kepala BPJS Cabang Banda Aceh, dr Sari Quratul Ainy AKK, mengatakan, seyogyanya, jika pasien sedang di luar wilayah tempat ia terdaftar sebagai peserta, maka ia tetap bisa berobat di fasilitas kesehatan tingkat pertama terdekat. “Bisa berobat di FKTP maksimal dilayani sampai tiga kali kunjungan,” kata dr Sari.

Terkait dengan kejadian yang dialami oleh Zulkarnaini Masry, dr Sari mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut. “Terkait keluhan ini akan kami tindak lanjuti,” pungkas dr Sari melaluli pesan Whatsapp.(dan)

Komentar
Email*
Nama
Website