x

Login

Lupa Password

Berita SJSN > Penyelenggara Jaminan Sosial

19 September 2013

Mulai 2014, BPJS Jamin 557.929 Warga Miskin di Klaten

KLATEN, suaramerdeka.com - Sebanyak 557.929 jiwa warga miskin Klaten yang kini menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dari pemerintah pusat, akan dialihkan menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mulai 1 Januari 2014.

''BPJS akan beroperasi secara bertahap mulai tahun 2014 secara bertahap. Untuk tahap pertama, seluruh peserta Jamkesmas akan dialihkan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Rencananya, lima tahun ke depan, jaminan kesehatan akan mencakup seluruh penduduk Indonesia,'' kata Kepala Dinas Kesehatan dr Ronny Roekmito MKes, Kamis (19/9).

Pelaksanaan tahap awal masih seperti Jamkesmas, baik jenis layanan yang bisa didapatkan maupun tempat pelayanan kesehatannya. Sedangkan, 25.000 jiwa warga miskin yang saat ini masuk dalam program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) juga akan diikutkan menjadi peserta PBJS Kesehatan, namun dengan biaya dari APBD Kabupaten Klaten.

Rabu (18/9), digelar rapat yang dihadir Kepala PT Askes Divre VI Jawa Tengah, Kepala Cabang PT Askes Boyolali, Kepala Dinas Kesehatan, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Direktur RS dr Soeradji Tirtonegoro, Ketua Komite Medik, Kepala Puskesmas, dokter keluarga dan dokter gigi keluarga.

Saat ini, Pemkab Klaten sudah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan program JKN BPJS Bidang Kesehatan di Kabupaten Klaten. Pada intinya, Klaten sudah siap melaksanakan BPJS. Nantinya, akan dilaksanakan pemetaan tempat pelayanan kesehatan agar akses masyarakat lebih mudah dan cepat.

''Dalam pelaksanaan BPJS, akan terus dilakukan koordinasi antara PT Askes, Dinas Kesehatan dan RS untuk perbaikan rujukan secara berjenjang. Diharapkan pelayanan kesehatan bagi warga kurang mampu akan semakin baik, minimal lebih baik dari sebelumnya,'' tegas Ronny.

( Merawati Sunantri / CN37 / SMNetwork )

Sumber: Suara Merdeka

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website
Iklan



Kembali Ke Jamsosda Atas