x

Login

Lupa Password

Berita SJSN > Penyelenggara Jaminan Sosial

29 Mei 2012

LAYANAN JAMSOSTEK - Infrastruktur Akan Terus Ditingkatkan

JAKARTA (Suara Karya): PT Jamsostek (Persero) akan terus meningkatkan infrastruktur pelayanan kepesertaan dan pengurusan santunan di berbagai daerah. Selain membuka kantor unit pelayanan, Jamsostek juga akan bekerja sama untuk membuka gerai khusus di kantor-kantor cabang perbankan serta PT Pos Indonesia.

Direktur Pelayanan Jamsostek Djoko Sungkono mengatakan, infrastruktur pelayanan kepesertaan dan pengurusan santunan Jamsostek memang harus ditambah. Dalam hal ini, diperbanyak dan tersebar di berbagai daerah. Selain membuka kantor cabang baru, Jamsostek juga bisa mendirikan kantor-kantor unit pelayanan. Saat ini sudah ada 30 kantor unit pelayanan dan akan terus ditambah pada tahun ini.

"Di sisi lain, dalam rangka memberikan manfaat tambahan dan layanan optimal untuk peserta Jamsostek, Jamsostek memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar untuk kesehatan, papan, dan pangan, di antaranya melalui pembangunan perumahan atau bantuan pinjaman uang muka perumahan serta fasilitas kesehatan yang komprehensif dan sembako murah," kata Djoko di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, Jamsostek juga sedang mengupayakan penyederhanaan prosedur klaim untuk santunan program jaminan sosial. Jika saat ini ada 10 persyaratan yang harus dipenuhi untuk pengurusan klaim santunan, diupayakan bisa diminimalisasi atau disederhanakan tanpa harus mengurangi pemenuhan aspek legal/hukum.

Selanjutnya, Jamsostek akan menyosialisasikan petunjuk mengenai proses pengajuan dan pengurusan klaim santunan Jamsostek. Upaya ini harus ditunjang melalui internal dengan penyederhaan laporan rutin atau periodik dari kantor cabang ke kantor wilayah dan selanjutnya ke kantor pusat Jamsostek. Tujuannya agar bisa lebih efisien dan efektif. Upaya-upaya tersebut perlu ditunjang dengan pelaksanaan standardisasi ruang pelayanan, petunjuk tata cara klaim, serta ketersediaan buku pedoman, brosur, dan lainnya.

Selama ini pekerja/buruh mendapatkan perlindungan dasar atas risiko sosial akibat bekerja melalui empat program jaminan sosial, yakni jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JK), jaminan hari tua (JHT), serta jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK).

Selain manfaat berupa santunan empat program jaminan sosial tersebut yang tergolong maksimal, Jamsostek juga memberikan manfaat tambahan untuk pekerja dan keluarganya serta untuk piha perusahaan dan masyarakat umum. Manfaat tambahan ini direalisasikan melalui dana peningkatan kesejahteraan peserta (DPKP) serta program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL).

Lebih jauh Djoko mengatakan, upaya untuk meningkatkan pelayanan dan manfaat program jaminan sosial mendapat dukungan dari pemerintah. Salah satunya seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Tenaga kerja. Dalam PP ini misalnya, santunan jaminan kematian yang semula diberikan sebesar Rp 16,8 juta ditingkatkan jadi Rp 21 juta. (Andrian)

 

 

 

 

Sumber : Suara Karya

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website
Iklan



Kembali Ke Jamsosda Atas