x

Login

Lupa Password

Berita SJSN > Jamkesda

11 April 2012

Keberhasilan Program Kesehatan Gratis Diklaim 80 Persen

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Rachmat Latief mengklaim keberhasilan dan respons masyarakat terhadap program kesehatan gratis saat ini berada di atas 80 persen. “Saya maunya masyarakat Sulawesi Selatan semuanya terlibat program ini,“kata Rachmat di Makassar kemarin.

Untuk menggenjot program tersebut, Rachmat berencana melakukan “safari kesehatan gratis“ di 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan untuk mengetahui apakah ada warga yang tak puas atas program itu.

“Kami juga akan berusaha menyamakan persepsi mengenai proses pelayanan kesehatan gratis ini. Apalagi, pada 2014, pemerintah akan menerapkan sistem jaminan sosial nasional,“ ujar Rachmat.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan program pelayanan kesehatan gratis saat ini terus disempurnakan, terutama dalam menyediakan pelayanan maksimal kepada pasien dari kalangan ekonomi lemah.

“Kita sangat bahagia jika melihat pasien kembali sehat. Karena itu, kalau ada kekurangan harus disempurnakan,“ kata Syahrul Yasin Limpo dalam seminar dan lokakarya pemantapan program pelayanan kesehatan gratis.

Syahrul menuturkan, program kesehatan gratis tidak menjamin semua layanan bebas biaya. Namun biaya tersebut diambil alih pemerintah melalui mekanisme yang ada. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menganggarkan dana untuk program kesehatan gratis ini sebesar Rp 680 miliar.

Ia juga berharap program ini tepat sasaran. “Yang punya uang sebaiknya bayar. Tidak usah pakai yang gratis,“ katanya. IRFAN ABDUL GANI

 

Sumber : epaper Tempo

 

Jamkesda Sulawesi Selatan

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website
IklanIklan



Kembali Ke Jamsosda Atas