x

Login

Lupa Password

Berita SJSN > Penyelenggara Jaminan Sosial

06 Maret 2013

Incar Target BPJS, Sistem TI Puskesmas di Ibukota Bakal Dibenahi

Liputan6.com, Jakarta : Terhitung mulai 1 April 2013, Puskesmas di wilayah DKI Jakarta akan mulai berbenah guna menata sistem informasi dan komunikasi sehingga terinterkoneksi dengan rumah sakit. Pembenahan sistem teknologi informasi (TI) ini menyusul upaya DKI Jakarta sebagai percontohan dalam penerapan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Mulai 1 April kita benahi, sehingga seluruh puskesmas bisa terinterkoneksi dengan RS. Kalau pasien dipandang perlu dirujuk ke RS, sudah tahu RS mana yang kosong," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, usai rapat dengan PT Askes (Persero), di Jakarta, Selasa (5/3/2013).

Dahlan mengatakan, terhitung mulai tanggal tersebut, Askes Jakarta juga akan mulai mendata Puskesmas meliputi ketersediaan tenaga dokternya serta fasilitas yang dimiliki. Harapannya Puskesmas di seluruh wilayah ibukota bisa langsung beroperasi saat penerapan BPJS pada 1 Januari 2014.

"Perangkat komputer di masing-masing Puskesmas, dari pemda. Kalau software-nya dari Askes," imbuh Dahlan, yang didampingi Direktur Utama PT Askes (Persero), Fachmi Idris.
Sebagai informasi sistem online di Puskemas ini akan mulai beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada 1 Januari 2014.

Terhadap target tersebut, Dahlan berharap tiga bulan pasca pembenahan yang dilakukan pada 1 April 2012, seluruh Puskesmas sudah bisa terhubung dengan RS. Meski diakui, tak bisa seluruh Puskesmas di ibukota bisa melakukan hal tersebut. (Est/Shd)

Sumber: Liputan6.com

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website
IklanIklan



Kembali Ke Jamsosda Atas