jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Kab. Purbalingga

Jawa Tengah

Salam Pemerintah Daerah

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga
dr.  Dyah Retnani Basuki, M. Kes

Assalamu’alaikum wr.wb

Kabupaten Purbalingga termasuk 1 dari 35 Kab/Kota yang  berada di Provinsi Jawa Tengah dengan posisi di belahan barat. Mayoritas penduduknya petani, pedagang, pekerja/buruh pada sektor formal, PNS/TNI/POLRI, dll. Semangat seluruh masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk berubah dan membangun senantiasa dikampanyekan. Purbalingga harus bergerak maju untuk menggapai hari ini lebih baik dari hari kemarin serta hari esok yang lebih dari kemarin, itulah kalimat yang selalu ditekankan oleh Bupati Purbalingga.

Semua manusia pasti selalu menghadapi risiko, mati dan sakit tidak pernah dapat diperkirakan kapan akan datang. Oleh karena itu peribahasa sedia payung sebelum hujan dapat diterapkan dalam kehidupan kita. Pembiayaan pelayanan kesehatan makin hari makin mahal, sangat terasa berat khususnya bila harus dirawat di Rumah Sakit. Asuransi Kesehatan/Jaminan Pemeliharaan Kesehatan sangat diperlukan oleh setiap keluarga.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga mulai tahun 2000 mencoba mengenalkan Sistem Jaminan Pemeliharaan Kesehatan kepada penduduk Purbalingga dengan Pogram Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM). Ternyata respon masyarakat sangat luar biasa, hal itu dapat dilihat dari perkembangan kepesertaan, kontribusi dana masyarakat, dan premi dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Sampai sekarang program JPKM terus berkelanjutan tidak pernah layu apalagi berhenti. Tidak kurang dari 354 Pemerintah Kab/Kota, Pemprov, Perguruan Tinggi, dan LSM berkunjung ke Purbalingga ingin melihat Pogram JPKM. Seiring dengan kebijakan peraturan perundangan maka mulai tahun 2012, insya Allah JPKM berubah menjadi Jamkesda sebagai implementasi Perda Nomor 09 tahun 2010.

Kami sadar bahwa, JPKM Purbalingga bukanlah satu-satunya yang terbaik tetapi kapan negeri ini akan mencapai Universal Health Covarage kalau tidak dimulai dari sekarang dan dari Kab/Kota di mana kita hidup.

Selamat berjuang untuk mewujudkan SJSN khususnya Jaminan Kesehatan dimulai dari kita...!!!

Wassalamu'alaikum wr.wb.

 

- o0o -

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Segera setelah krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1997-1999 mulai mereda dan Program Jaring Pengaman Sosial Bidang Kesehatan (JPS-BK) yang diselenggarakan oleh Departemen Kesehatan berakhir, Kabupaten Purbalingga melanjutkan pendanaan pelayanan kesehatan perorangan dengan menyelenggarakan program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM).  Pendirian Program JPKM Kabupaten Purbalingga diawali dengan penerbitan Keputusan Bupati Kabupaten Purbalingga pada tahun 2000.

Bupati Kabupaten Purbalingga,..., menempatkan Program JPKM sebagai salah satu aksi nyata dalam strategi penanggulangan kemiskinan Kabupaten Purbalingga.  Program JPKM Kabupaten Purbalingga mewujudkan pemberdayaan masyarakat dan partisipasi masyarakat yang didasari oleh filosofi “masyarakat mampu menolong masyarakat ...selengkapnya

Program

2.1  Kepesertaan

Perda Kabupaten Purbalingga No. 09 Tahun 2010 mewajibkan seluruh penduduk Kabupaten Purbalingga mengikuti program Jamkesda dan membolehkan penduduk bukan Kabupaten Purbalingga menjadi peserta Jamkesda.

2.2  Iuran

  1. Masyarakat strata 1 : Pemerintah Daerah membayar seluruh iuran dengan dana APBD (100%)
  2. Masyarakat strata 2 : Pemerintah Daerah membayar  50%,  peserta membayar 50% (tahun 2011 Pemerintah membayar 40%, peserta membayar 60%).
  3. Masyarakat strata 3 : Masyarakat menanggung seluruh premi, tanpa subsidi APBD Kabupaten Purbalingga).

2.3  MANFAAT

...selengkapnya

Prosedur

 

Pendaftaran dibatasi kurang lebih selama 3 bulan, yaitu pada bulan November hingga Januari. .

 

Jamkesda Purbalingga dalam angka

KONTAK

Dinas Kesehatan Kab. Purbalingga

Jl. Let Jend S Parman 21 Purbalingga

p. 0281 891034

f. 0281 893278

e. dkkpbg@yahoo.co.id ; dkkpbg@gmail.com;

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Kab. Purbalingga
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/95
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019