jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Prov. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur

Salam Pemerintah Daerah

Gubernur Provinsi Kalimantan Timur
DR. H. Awang Faroek Ishak, MM., M.Si

Puji Syukur kita ucapkan Kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya, terutama nikmat sehat sehingga kita dapat terus melaksanakan tugas dengan baik. Visi Pembangunan Provinsi Kalimantan Timur adalah “Mewujudkan Kalimantan Timur sebagai pusat agro industri dan energi terkemuka menuju masyarakat adil sejahtera”. Namun untuk mewujudkannya sangat tergantung pada masyarakat Kalimantan Timur yang memiliki SDM yang handal dan berkualitas. Untuk meningkatkan kualitas SDM maka salah satunya adalah pembangunan di bidang kesehatan yang memerlukan dukungan fasilitas, tenaga, dana serta sarana dan prasarana lainnya yang memadai . Pembangunan Bidang Kesehatan tidak boleh kita abaikan, karena kesehatan adalah sarana mutlak untuk meningkatkan produktifitas dan merupakan prasyarat utama di dalam pembentukan SDM yang berkualitas, sehingga masyarakat Kalimantan Timur tampil sebagai insan yang handal, mandiri dan mampu bertahan di tengah persaingan global.

Hal ini sejalan dengan Visi Pembangunan Bidang Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur yaitu: “ Kesehatan untuk semua menuju terwujudnya derajat kesehatan masyarakat Kalimantan Timur terbaik diluar Jawa dan Bali”. Maknanya adalah meningkatnya akses pelayanan kesehatan komprehensif yang bermutu dan mudah diperoleh masyarakat serta tercapainya sasaran MDGs dengan pencapaian diatas rata-rata nasional. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur saat ini juga sedang mengembangkan Program Jaminan Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menuju Jaminan Kesehatan Semesta yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan Program Jamkesmas (Pusat) dan Jamkesda (Kabupaten/Kota), sehingga pada tahun 2013 ini seluruh masyarakat Provinsi Kalimantan Timur diharapkan telah memiliki jaminan kesehatan, sehingga masalah-masalah yang terkait dengan pembiayaan pelayanan kesehatan dapat teratasi. Untuk mendukung program tersebut, seluruh jajaran rumah sakit perlu menyiapkan diri dalam menyongsong dimulainya Jaminan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC), satu langkah penting yang perlu diambil adalah mencukupi jumlah tempat tidur Rumah Sakit, khususnya ruang perawatan kelas III. Saat ini jumlah seluruh tempat tidur dari 49 Rumah Sakit baik milik pemerintah, BUMN, TNI/Polri maupun swasta yang terdapat di Provinsi Kalimantan Timur adalah 5218 tempat tidur dan 2263 diantaranya adalah kelas III.

Sambutan dari Ibu Menteri Kesehatan RI dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH launching kartu Jamkesprov Kaltim pada tanggal 21/03/2013

Untuk itu, kami mengajak kepada seluruh seluruh stakeholder agar selalu terus menggelorakan semangat membangun bekerja secara sungguh-sungguh dan melaksanakan tugas dengan tulus ikhlas sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat, tanpa pamrih demi keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan, terwujudnya ”Kaltim Sehat  2013”, dan Visi Pembangunan Kesehatan yang baru serta untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan Negara.

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Jamkesprov Kaltim) untuk menjamin pelayanan kesehatan masyarakat Kaltim.  Program ini bertujuanuntuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang layak bagi masyarakat, khusunya masyarakat miskin dan tidak mampu.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bertanggung jawab memberikan perlindungan sosial bidang kesehatan bagi masyarakatProvinsi Kaltimterutama masyarakat miskin dan tidak mampu di luar kuota Jamkesmas.

Tujuan penyelenggaraan Jamkesprov Kaltim

  1. ...selengkapnya

Program

2.1  KEPESERTAAN

Peserta Jamkesprov Kaltim adalah masyarakat miskin, baik secara perorangan, keluarga atau kelompok, yang tidak menjadi anggota/pesertaJamkesmas, Jamkesda, atau asuransi lain.

Penerima manfaat Jamkesprov Kaltim dapat diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.  Pada tahun 2013, jumlah peserta Jamkesprov Kaltim adalah 227.906jiwa. Rincian peserta Jamkesprov Kaltim tiap Kabupaten Kota Dapat dilihat pada tabel 1.

Kriteria peserta Jamkesprov Kaltim adalah sebagai berikut:

  1. Masyarakat yang telah menjadi peserta ...selengkapnya

Prosedur

3.1  PROSEDUR PELAYANAN

  1. Pelayanan kegawatdaruratan digunakan untuk perawatan yang bersifat darurat medis sesuai standar pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS.
  2. Pelayanan RJTL dan RITL di ruang perawatan kelas III, dengan persyaratan:
  1. Peserta membawa surat rujukan dari Puskesmas atau RS sebelumnya;
  2. Pesera membawa SKTM dari kelurahan/kecamatan/Jamkesda/Jamkesprov/instansi lain yang berwenangatau Kartu Jamkesmas Lama (akan ...selengkapnya

KONTAK

UPTD Jamkesprov Kaltim

Jl. A. Wahab Syahrani No.1, Samarinda

p. 0541-743008/7272482

f. 0541-7272482

e. jamkesprovkaltim@gmail.com

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Prov. Kalimantan Timur
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/886
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019