x

Login

Lupa Password

Prov. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan

Salam Pemerintah Daerah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan
Dr. H. Zulkarnain Noerdin, M. Kes

Kesehatan merupakan hak azazi manusia. Didalam Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 pasal 28 dan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, menetapkan bahwa kesehatan adalah hak fundamental setiap penduduk, keluarga dan masyarakat. Negara bertanggungjawab agar terpenuhi hak hidup sehat bagi masyarakat.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan hak asasi manusia, khususnya kesehatan, yang bertujuan mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal dan memenuhi tenggung jawab negara dalam kebutuhan pelayanan kesehatan dasar yang layak, pemerintah berupaya mengembangkan program jaminan kesehatan bagi penduduk baik di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Untuk mengahadapi tantangan yang ada, pemerintah telah mencoba mengembangkan dan mengimplementasikanbeberapa program maupun kegiatan kesehatan yang berpihak untuk rakyat banyak, salah satunya yaitu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Program ini merupakan titik awal untuk diimplementasikannya jaminan kesehatan sosial sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Untuk mendukung keberhasilan Sistem Jaminan Sosial Nasional dan mencapai Universal Coverage, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah mengmbangkan suatu sistem jaminan ksesehatan bagi masyarakat Sumatera Selatan dengan meluncurkan Program Jaminan Sosial Kesehatan (Jamsoskes) Sumsel Semesta yang telah disahkan melalui Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 23 Tahun 2009. Program Jamsoskes Sumsel Semesta telah dilaunching pada tanggal 27 Januari 2009.

Jamsoskes ini memberikan jaminan bagi masyarakat Sumatera Selatan yang belum memiliki jaminan ksesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, mulai dari pelayanan tingkat dasar, sampai dengan pelayanan rujukan tingkat lanjut. Penduduk Sumatera Selatan yang belum memiliki jaminan pemeliharaan seperti Askes PNS, ASABRI TNI/POLRI, Jamsostek, Jamkesmas serta Asuransi komersial lainnya dijamin melalui program ini. Jumlah masyarakat Sumsel yang belum memiliki jaminan kesehatan mencapai 52% atau hampir 4 juta jiwa.

Alhamdulillah, program berobat gratis ini sangat dirasakan manfaatnya. Untuk tahun pertama diluncurkan (tahun 2009), hampir 2 juta masyarakat Sumsel yang mengakses pelayanan kesehatan menggunakan program ini. HIngga saat ini, sudah 152 pasien yang di rujuk ke RSCM di Jakarta dan RS Jantung Harapan Kita di Jakarta. DIharapkan dengan berjalannya program ini, tidak ada lagi masyarakat Sumatera Selatan yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan dengan alasan ketiadaan biaya dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan terus meningkatkan pelayanannya yang bermutu sehingga tujuan yang ingin dicapai, yaitu sehat dan sejahtera untuk semua dapat tercapai.

 

- o0o -

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Tahun 2007, derajat kesehatan masyarakat miskin Provinsi Sumatera Selatan masih rendah. Berdasarkan indikator Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI) masih cukup tinggi, yaitu 26,9 per 1000 kelahiran hidup (AKB) dan 248 per 100.000 kelahiran hidup (AKI) serta Umur Harapan Hidup (UHH) sebesar 70,5 tahun. (BPS, 2007) Derajat kesehatan masyarakat miskin yang masih rendah tersebut diakibatkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang sulit. Terlebih biaya pelayanan kesehatan harus ditanggung sendiri (out of pocket) dengan ...selengkapnya

Program

Jamsoskes Sumsel Semesta kependekan dari Jaminan Sosial Kesehatan Sumatera Selatan Semesta, adalah program bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan untuk pelayanan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Sumatera Selatan.

Bantuan ini diberikan untuk masyarakat yang belum memiliki asuransi kesehatan yang lain seperti Askes, Jamsostek, Asabri, Askeskin/Jamkesmas atau asuransi kesehatan lainnya.

Tempat Pelayanan Kesehatan ”Jamsoskes Sumsel Semesta”

  1. Puskesmasdi semua kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan
  2. Bidan Praktik Swasta yang telah melakukan kerja sama
  3. Rumah Sakit Pemerintah/Swasta yang ...selengkapnya

Prosedur

3.1  PENDAFTARAN PESERTA

Syarat untuk menjadi peserta Jamsoskes Sumsel Semesta adalah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) Provinsi Sumatera Selatan yang masih berlaku dan belum memiliki Jaminan Kesehatan apapun.

3.2  ALUR PELAYANAN KESEHATAN JAMSOSKES

Alur pelayanan menganut sistim rujukan/pelayanan berjenjang...selengkapnya

KONTAK

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan

Jl. Dr. M. Ali, Km 3 Komp. RSU Palembang 30126

p. 0711-354915

f. 0711-351749

e. hennykushardiany@yahoo.com

 

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Prov. Sumatera Selatan
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/83
© Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2013
Kembali Ke Jamsosda Atas