jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Prov. Banten

Banten

Salam Pemerintah Daerah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten
Dr. H. Djadja Buddy Suhardja S, MPH
NIP. 19550505 198312 1 006

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa pencerahan kepada kita semua.

Saya sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten menyambut baik penayangan profil Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Provinsi Banten. Media ini merupakan sarana tepat mempersiapkan masyarakat Indonesia menuju Jaminan Kesehatan Semesta 2014.

Kesehatan merupakan salah satu urusan wajib pemerintahan yang prioritas utamanya adalah pembangunan masyarakat Banten. Salah satu prinsip dasar pembangunan kesehatan adalah semua warga negara berhak mamperoleh derajat kesehatan yang optimal, agar dapat bekerja produktif dan hidup layak serta bermartabat. Selanjutnya dinyatakan bahwa Pemerintah dan Masyarakat bersama-sama bertanggung jawab dalam upaya memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan masyarakat tersebut.

Amandemen tahun 2002 Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 dan 34 ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) mengamanatkan adanya penyelenggaraan jaminan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama bagi keluarga miskin. Selanjutnya pasal 17 butir 4 Undang Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional secara jelas menyatakan bahwa iuran program jaminan sosial bagi fakir miskin dan orang tidak mampu dibayar oleh pemerintah. Pemerintah pusat bersama-sama pemerintah daerah mewujudkan Jaminan Kesehatan Semesta. Upaya konkrit Pemerintah Provinsi Banten menuju jaminan kesehatan semesta berupa Program Jamkesda Provinsi Banten. Kesepakatan tersebut berupa perbaikan dalam aspek kepesertaan, pelayanan kesehatan, pendanaan, dan pengorganisasian.

Setiap diri kita memiliki peran penting dalam mewujudkan kepesertaan semesta. Saya mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Provinsi Banten memiliki jaminan kesehatan sesuai kemampuan masing-masing.

Terimakasih atas kerjasama semua pihak untuk menayangkan informasi Jamkesda Provinsi Banten 2013. Semoga cita-cita terwujudnya “Jaminan Kesehatan Tahun 2014” segera tercapai.

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Pemerintah Provinsi Banten menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin sejak tahun 2010.  Program ini menjamin biaya kesehatan seluruh masyarakat miskin dan tidak mampu di Provinsi Bantendi luar kuota Jamkesmas.

Tahun 2010-2012, Pemerintah Provinsi Banten bersama Pemerintah Kabupaten/Kota menyelenggarakan program jaminan kesehatan untuk masyarakat miskin bernama “Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)”. Dana Jamkesda berasal dari Pemerintah Provinsi Banten.

Tahun 2013, Pemerintah Provinsi Banten melanjutkan Program Jamkesda.

Tujuan penyelenggaraan ...selengkapnya

Program

2.1  KEPESERTAAN

Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Nomor. 821/0994/Kes/IV/2013, kriteria peserta JAMKESDA yaitu :

  1. Setiap orang miskin dan tidak mampu yang tidak terdaftar sebagai peserta Jamkesmas (tidak memiliki kartu Jamkesmas) dan tidak memiliki kartu Jamkesda Kabupaten/Kota bisa menjadi peserta Jamkesda Provinsi Banten dengan menunjukkan SKTM.
  2. Jumlah peserta Jamkesda tiap Kabupaten/Kota sesuai dengan jumlah masyarakat miskin atau kurang mampu yang tidak termasuk dalam peserta Jamkesmas yang ditetapkan oleh daerah ...selengkapnya

Prosedur

3.1  PELAYANAN KESEHATAN TINGKAT PERTAMA

  1. Peserta berobat di PPK tingkat I, Puskesmas/Dokter Keluarga/Klinik tempat terdaftar dengan menunjukan Kartu Peserta
  2. Pelayanan rawat inap dapat dilakukan di Puskesmas Perawatan berdasarkan indikasi medis

3.2  PELAYANAN KESEHATAN TINGKAT LANJUTAN

  1. Rumah Sakit
...selengkapnya

KONTAK

Dinas Kesehatan Provinsi Banten Seksi Pembiayaan dan Kebijakan Kesehatan

Komplek Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Jl. Syeh Nawawi Al Bantani , Curug, Serang, Banten

p. (0254) 267023

f. (0254) 267023 – 267022

e. pembiayaanprovbanten@gmail.com

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Prov. Banten
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/621
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019