x

Login

Lupa Password

Kab. Kutai Kartanegara

Kalimantan Timur

Salam Pemerintah Daerah

Bupati Kutai Kartanegara
Rita Widyasari, S.Sos., MM

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pelayanan kesehatan merupakan hak dasar bagi rakyat seperti yang telah ditetapkan di dalam Undang-Undang Dasar tahun 1945 pasal 28 ayat (1). Hak dasar ini menjadi kewajiban Negara, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk memenuhinya.

Di tingkat Nasional sendiri telah ada sistem jaminan kesehatan untuk masyarakat miskin (Jamkesmas), akan tetapi masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan jaminan kesehatan. Sedangkan biaya kesehatan setiap tahunnya terus meningkat hal ini menyebabkan masyarakat harus mengeluarkan biaya yang cukup besar / mahal bila mereka sakit.

Untuk masyarakat yang rentan miskin atau semula mampu, dapat menjadi miskin oleh karena besarnya biaya berobat yang harus dikeluarkan bila mereka sakit.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara menyelenggarakan Program Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) yang diperuntukan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya.

Program Jamkesda di Kabupaten Kutai Kartanegara telahdilaksanakan sejak tahun 2009 berdasarkan Peraturan Bupati No. 16 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Sistem Jaminan Kesehatan Daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara, melalui  Jamkesda ini diharapkan dapat memberikan kontribusi meningkatkan umur harapan hidup, menurunkan angka kematian ibu melahirkan,sertamenurunkanangka kematian bayi dan balita di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya, dan Bangsa Indonesia pada umumnya.

Kepada semua pihak yang terkait seperti Pemerintah Daerah,Dinas Kesehatan,Rumah Sakit, Puskesmas dan jaringannya, serta PMI diharapkan peran serta masing-masing untuk dapat bersama-sama membatu kelancaran program ini. Atas peran serta semua pihak kami ucapkan terima kasih. 

Demikianlah semoga Program Jamkesda dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara ini.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan rahmat dan hidayahnya, Amin.

Wasalamualaikum Wr. Wb.

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Povinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) sejaktahun 2009.  Program ini menjangkau hingga seluruh penduduk Kabupaten Kutai Kartanegara (universal health coverage).

Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari S.Sos, MM., menempatkan Program Jamkesda sebagai salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia di Kab. Kutai Kartanegara untuk menggapai visi GERBANG RAJATerwujudnya Masyarakat Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan Berkeadilan”.

...selengkapnya

Program

2.1  Kepesertaan

Keputusan Bupati Kutai Kartanegara No.1/SK-Bup/HK/2011 menetapkan bahwa peserta Jamkesda adalah seluruh penduduk ber Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kab. Kutai Kartanegara yang belum memiliki jaminan kesehatan.

Tabel 1. Kepesertaan Jamkesda Kab. Kutai Kartanegara Tahun 2009-2012

Sumber: UPTD Jamkesda Dinas Kesehatan Kab. Kutai Kartanegara, 2012

...selengkapnya

Prosedur

3.1  Pendaftaran Peserta

  1. Pendaftaran peserta di Puskesmas atau kantor UPTD Jamkesda;
  2. Calon peserta wajib menunjukkan KTP asli dan menyerahkan fotocopy KTP Kab. Kutai Kartanegara;
  3. Calon Peserta wajib menunjukkan KK Kab. Kutai Kartanegara; dan
  4. Calon peserta yang memenuhi persyaratan akan menerima Kartu Peserta Jamkesda.

3.2  Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama

  1. Pelayanan diberikan ...selengkapnya

KONTAK

Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara

UPTD Jamkesda Jl. Cut Nyak Dhien No.33

p. (0541) 6666421

f. (0541) 662258

e. uptd_jamkesda@yahoo.co.id, jamkesda.kukar@yahoo.co.id

 

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Kab. Kutai Kartanegara
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/432
© Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2013
Kembali Ke Jamsosda Atas