jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Prov. Lampung

Lampung

Salam Pemerintah Daerah

Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Lampung
dr. Hj. Reihana, M.Kes.
NIP. 19630825 198910 2 002

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Lampung, khususnya yang menyangkut pemeliharaan kesehatan masyarakat dan keluarganya merupakan kewajiban Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, baik ditinjau dari perspekif hukum perundang–undangan yang berlakumaupun persektif sosial yang berhubungan dengan hak individu dan masyarakat, karena semakin tinggi derajat kesehatan seseorang semakin besar potensi pelayanan kesehatan yang dapat ditingkatkan.

Pemantapan penjaminan kesehatan melalui Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) merupakan tonggak awal dari pencapaian jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk sebagai amanat UU No. 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Saat ini Pemerintah Provinsi Lampung pada tahun 2013 sudah memasuki tahun ke 2 (dua) pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) Provinsi Lampung.

Jamkesta Provinsi Lampung adalah jaminan kesehatan yang diberikan kepada seluruh masyarakat Lampung yang belum memiliki jaminan kesehatan lainnya.     

Jamkesta Provinsi Lampung bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat. Pemanfaatan dana Jamkesta Provinsi Lampung melalui mekanisme rujukan berjenjang.

Melalui Jamkesta diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mendukung percepatan pencapaian MDG’s, meningkatkan umur harapan hidup bangsa Indonesia, menurunkan angka kematian ibu melahirkan, menurunkan angka kematian bayi dan balita, menurunkan dan pencegahan penyakit menular. Disamping itu dapat terlayaninya kasus-kasus kesehatan peserta pada umumnya.

Sebagai gambaran, pelaksanaan Jamkesta Provinsi Lampung Tahun 2012di RS Abdul Moeloek Bandar Lampung berhasil melayani 1.302  kasus untuk rawat inapdan688 kasus rawat jalan.  Kasus rujukan terbanyak berasal dari kabupaten Tanggamus (21%) dan Lampung Tengah (20%). Jenis penyakit yang memiliki jumlah kasus terbanyak adalah kanker ganas, tumor jinak, sinusitis kronik, trauma kepala, batu ginjal dan ureter, cleft lip & cleft palate, penyakit jantung, dancongenital hydrocephalus.

RSJ sudah melayani 251 kasus rawat inapdan 965 kasus rawat jalan. Diagnosis dengan kasus terbanyak di RS tersebut adalah Shizophrenia, schizoaffective disorders, gangguan psikotik, gangguan affektif bipolar dan kasus-kasus depresif.

Rujukan ke Pusat/RS Cipto Mangunkusumosebanyak 18 orang dengan penyakit Kanker, Gagal Ginjal, Tumor, Jantung, Ruptur Muskulus Rectus, Luka Bakar dan Hidrocephalus.

Kami menyadari bahwa tidak ada yang sempurna dari suatu sistem,namun kita mempunyai pilihan-pilihan yang terbaik untuk selalu dilakukan penyempurnaan dari aspek-aspek yang ada melalui pengendalian manajemen pengelolaan.

Kepada semua pihak terkait, puskesmas dan jaringannya, balai-balai kesehatan, rumah sakit, dan organisasi kemasyarakatan termasuk  lembaga-lembaga swadaya masyarakat, pemerintah pusat dan daerah diharapkan kontribusi dan perannya masing-masing untuk dapat bersama-sama membantu kelancaran program ini.

Saya berharap pelaksanaan Jamkesta dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat Provinsi Lampung khususnya di bidang kesehatan. Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Kab/kota yang telah dapat mendukung pelaksanaan Jamkesta  Provinsi Lampung.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Pemerintah Provinsi Lampung menyelenggarakan program jaminan kesehatan daerah sejak tahun 2010.  Program ini masih berjalan hingga saat ini.

Tahun 2010 dan 2011, Pemerintah Provinsi Lampung menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) bagi penduduk miskin yang belum mendapatkan Jamkesmas.

Tahun 2012, Pemerintah ProvinsiLampungmelakukan perluasan penyelenggaraan Jaminan Kesehatan bagi seluruh penduduk Provinsi Lampung yang belum memiliki jaminan kesehatan. Program ini beralih nama menjadi Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) Provinsi Lampung.

...selengkapnya

Program

2.1  KEPESERTAAN

Peserta Jamkesta adalah seluruh masyarakat Provinsi Lampung yang tidak memiliki jaminan/asuransi kesehatan lainnya seperti :

  1. Peserta Program Askes Sosial PT Askes (Persero);
  2. Peserta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK)PT.Jamsostek;
  3. Peserta Asabri;
  4. Peserta Jamkesmas;
  5. Peserta asuransi pribadi;

Untuk jaminan kesehatan bagi ...selengkapnya

Prosedur

  1. Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama(Pembiayaan ditanggung oleh dana Jamkesta Kab/Kota)

  1. Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) diberikan di Puskesmas dan beserta jejaringnya
  2. Peserta wajib menunjukkan fotocopy KTP
  1. Pelayanan Rawat Inap Tingkat Pertama & RSUD Kab/Kota (Pembiayaan ditanggung oleh dana Jamkesta Kab/Kota)

  1. Pelayanan Rawat InapTingkat Pertama (RJTP) diberikan di Puskesmas dan beserta jejaringnya
  2. Peserta wajib menunjukkanfotocopy KTP
  3. Peserta wajib ...selengkapnya

KONTAK

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung

Jalan Dr. Susilo No. 44-46 - Teluk Betung - 1.drg. Rosalinda Anriani (081369430033) - 2.Aries A., SKM, M.KM. (081383182672)

p. (0721) 264091

f. (0721) 252412

e. aviantono_sdk@yahoo.co.id

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Prov. Lampung
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/430
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019