jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Prov. Jambi

Jambi

Salam Pemerintah Daerah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi
Dr. Hj. Andi Pada, M. Kes
NIP. 19620318 198901 2 002

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia Nya kepada kita semua. Salawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa pencerahan kepada kita semua.

Saya sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menyambut baik penayangan profil Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesmasda) Provinsi Jambi. Media ini merupakan sarana tepat mempersiapkan masyarakat Indonesia menuju Jaminan Kesehatan Semesta 2014.

Sejalan dengan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, peran pemerintah daerah sangat besar dalam mencapai universal coverage jaminan kesehatan. Pemerintah pusat bersama-sama pemerintah daerah mewujudkan Jaminan Kesehatan Semesta. Upaya konkrit Pemerintah Provinsi  Jambi menuju jaminan kesehatan semesta berupa Program Jamkesmasda Provinsi dan Jamkesmasda SAMISAKE.

Pemerintah Provinsi bersama pemerintah kabupaten/kota mewujudkan kepesertaan semesta berupa kesepakatan membentuk Jamkesmasda tahun 2012. Kesepakatan tersebut berupa perbaikandalam aspekkepesertaan,pelayanan kesehatan, pendanaan, dan pengorganisasian.

Setiap diri kita memiliki peran penting dalam mewujudkan kepesertaan semesta. Saya mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Provinsi Jambi memiliki jaminan kesehatan sesuai kemampuan masing-masing.

Terimakasih atas kerjasama semua pihak untuk menayangkan informasi Jamkesmasda Provinsi Jambi 2012. Semoga cita-cita “Kepesertaan Semesta Jaminan Kesehatan Tahun 2014” segera terwujud.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Pemerintah ProvinsiJambi menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin pada tahun 2010.  Program ini menjamin biaya kesehatanseluruh masyarakat miskin dan tidak mampu di Provinsi Jambi.

Tahun 2010, Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Kabupaten/Kota menyelenggarakan program jaminan kesehatan untuk masyarakat miskin bernama “Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)”. Dana Jamkesda berasal dari sharing dana Pemerintah Provinsi Jambi (30%) dengan Pemerintah Kabupaten/kota (70%).

Tahun 2011,Pemerintah Provinsi ...selengkapnya

Program

2.1  KEPESERTAAN

Sasaran program Jamkesmasda adalah seluruh masyarakat miskin dan tidak mampu di Provinsi Jambiyang belum terjamin Program Jamkesmas.

Masyarakat miskin dan tidak mampu adalah penduduk yang tidak mempunyai kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk kehidupan yang layak, baik kebutuhan dasar makanan maupun kebutuhan dasar bukan makanan.

Jenis peserta program Jamkesmasda tahun 2013 yaitu:

  1. Peserta Jamkesmasda SAMISAKE adalah masyarakat miskin dan tidak mampu yang ...selengkapnya

Prosedur

3.1  KETENTUAN PELAYANAN

Jaminan yang diberikan kepada peserta adalah dalam bentuk pelayanan kesehatan bersifat menyeluruh (komprehensif) berdasarkan kebutuhan medik.

  1. Pelayanan kesehatan menerapkan sistem rujukan terstruktur dan berjenjang.
  2. Pelayanan kesehatan mempunyai sifat portabilitas (dapat dilayani di seluruh PPK yang telah ditetapkan) dalam wilayah Provinsi Jambi.
  3. Pemberian pelayanan kepada peserta oleh Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) harus dilakukan secara efisien dan efektif, dengan menerapkan prinsip kendali biaya dan kendali mutu

...selengkapnya

KONTAK

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi

Jl. RM Nur Admadibrata No. 08 Kota Jambi

p. (0741) 62319

f. (0741) 61175

e. azhar_sum007@yahoo.com

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Prov. Jambi
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/428
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019