x

Login

Lupa Password

Kota Surakarta

Jawa Tengah

Salam Pemerintah Daerah

 

IMG_9530

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta
dr. Siti Wahyuningsih, M. Kes

Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) adalah suatu program pemeliharaan kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surakarta kepada masyarakat Kota Surakarta yang berujud bantuan biaya pengobatan yang bertujuan untuk memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat kota Surakarta terutama bagi masyarakat miskin.

Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) yang diluncurkan pada tanggal 2 Januari 2008, diawali dengan  keprihatinan bahwa masih adanya masyarakat miskin di Kota Surakarta yang masih belum tercover pembiayaan kesehatannya melalui program Jamkesmas, selain itu Pemerintah Kota Surakarta juga berharap bahwa seluruh masyarakat yang tinggal dan berdomisili di Kota Surakarta dapat terlindungi kesehatannya. Hal ini dapat dibuktikan bahwa sejak diluncurkannya program PKMS pada tahun 2008 sampai dengan akhir bulan Oktober 2011 ini sudah 78,6% penduduk Kota Surakarta yang terindungi kesehatannya baik melalui Jamkesmas, Askes PNS, Askes sosial lain maupun PKMS

Akhirnya, kami berharap Program PKMS ini dapat sebagai terobosan yang sangat tepat guna meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat Surakarta yang belum tertampung dalam program Jamkesmas, Askes PNS maupun askes sosial lainnya, sehingga 100% penduduk kota Surakarta terlindung jaminan kesehatan.

 

 

- o0o -

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  Sejarah 

Pertengahan tahun 2007 pemerintah pusat “Departemen Kesehatan” menyatakan SKTM tidak berlaku lagi. Kebijakan ini menimbulkan masalah yang cukup serius di seluruh Indonesia termasuk di Kota Surakarta.

Masyarakat Kota Surakarta yang tidak ditanggung oleh Jamkesmas, Askes PNS, dan asuransi kesehatan sosial lain harus mengeluarkan biaya berobat dari kantong sendiri (out of pocket).

Menanggapi situasi tersebut, pemerintah Kota Surakarta menyelenggarakan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Secara Komprehensif yang disebut PKMS (Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta). Tujuan diselenggarakan program PKMS untuk memberikan jaminan pemeliharaan ...selengkapnya

Program


Tata laksana pelayanan PKMS

 

Sumber : PKMS Kota Surakarta, 2011

2.1 Kepesertaan

Peserta PKMS adalah semua masyarakat Surakarta yang tidak mendapatkan jaminan ...selengkapnya

Prosedur

3.1 Pendaftaran Peserta PKMS

PKMS SILVER

  1. Calon peserta mendaftarkan diri di Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) dan membawa :
  2. F.C Kartu Keluarga dengan menunjukkan aslinya
  3. F.C KTP dengan menunjukkan aslinya atau surat keterangan lahir bagi yang berusia belum wajib KTP
  4. Foto ukuran 2 x 3 cm : 2 lembar
  5. Membayar biaya Rp. 1000,...selengkapnya

KONTAK

Komplek Balaikota Jl. Jendral Sudirman No. 2 Surakarta

p. (0271) 642020 ext 487

f.

e.

 

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Kota Surakarta
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/390
© Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2013
Kembali Ke Jamsosda Atas