x

Login

Lupa Password

Prov. Nangroe Aceh Darussalam

Nangroe Aceh Darussalam

Salam Pemerintah Daerah

Kepala Dinas Kesehatan Aceh
Dr. M. Yani, M. Kes, PKK

Assalamualaikum wr. Wb,

Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) merupakan strategi reformasi sistem pembiayaan pelayanan kesehatan di Aceh. JKA di mulai 1 Juni 2010. Sejak saat itu semua penduduk dari segala strata sosial praktis dibebaskan dari beban finansial saat mengakses fasilitas pelayanan kesehatan di Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten/kota, RSUD Provinsi Aceh, dan juga RS Pusat Rujukan di dalam dan luar Aceh.  

Meski JKA bukan yang pertama Indonesia namun desain program ini berbeda. JKA merupakan jaminan Universal Health Coverage pertamadi Indonesia. Universalitas tidak saja pada cakupan pelayanannya kepada semua penduduk dari segala usia dan semua jenis penyakitnya, tapi juga jarak jangkauannya; ke seluruh Indonesia. Untuk menjangkau seluruh nusantara itu, Pemerintah Aceh menggandeng PT ASKES (Persero) sebagai Badan Penyelenggaraan JKA 2010-2012. 

JKA yang tampil tak biasa, dibandingkan 202 Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (PJKMU) di Indonesia, telah mengundang perhatian Menteri Kesehatan RI, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH. “Ksatria Bhakti Husada” dianugerahkan kepada Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, pada 12 Nopember 2010. Penghargaan ini meyakinkan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara AniYudhoyonountuk menghadiri acara Pencanangan Program JKA oleh Gubernur Aceh, 29 Nopember 2010.

Meski usia JKA baru 19 bulan—periode 1 Juni 2010 s/d 31 Desember 2011—namun telah melayani tak kurang dari 2.812.862 kasus, yang meliputi  Rawat Jalan Tingkat Pertama, Rawat Inap Tingkat Pertama, Rawat Jalan Tingkat Lanjut, Rayat Inap Tingkat Lanjut, obat-obatan dan Bahan Habis Pakai, pelayanan ambulance, tranfusi darah, implant, hemodialysis dan hemodialysis set, layanan laboratorium, dan termasuk layanan Ante Natal care, Persalinan, dan Post Natal Care, sebelum ada kebijakan Jamiman Persalinan.  Semua biayanya dijamin pemerintah Aceh sebesar Rp 241,9 milyar (anggaran 2010) dan Rp 400 milyar (anggaran  2011). Untuk kesinambunganya, Pemerintah Aceh mempersiapkan sekitar Rp 419 milyar untuk penyelenggaraan JKA Tahun 2012. 

JKA mengundang penasaran banyak pihak di Indonesia dan mengirimkan utusannya ke Aceh. Rombongan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara, Dinkes dan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Dewan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan Dewan Wali Amanah Jamkesda Provinsi Jawa Timur, utusan Gubernur Provinsi Banten dan utusan Walikota Serang, Jawa Barat, Dinkes Provinsi Sumatera Barat dan rombongan Dinkes Kota Solok, mengaku terkesan dan akan mengadopsi sistem yang dikembangkan JKA.   

Pemuatan informasi JKA di media on-line ini merupakan bentuk apresiasi Dewan Redaksi terhadap JKA, penyegaran bagi daerah yang telah mengirimkan utusannya ke Aceh, dan sebagai inspirasi bagi daerah lain yang hendak mengembangkan Program Jaminan Kesehatan Daerah Indonesia. Semoga info JKA bermanfaat bagi Saudara Kami sebangsa dan se-Tanah Air.  

Wassamulaikum Wr. Wb,

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Pemerintah Propinsi Aceh menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) pada 1 Juni 2010.  Program ini menjangkau hingga seluruh penduduk Propinsi Aceh(universal health coverage).

Gubernur Propinsi Aceh, drh. Irwandi Yusuf M.Sc., menempatkan Program JKA sebagai salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia di Propinsi Aceh. Program JKA bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan, mendorong kreatifitas, dan produktifitas masyarakat Aceh untuk menggapai visi Aceh 2015 “ACEH SEHAT YANG ISLAMI, MANDIRI, BERKEADILAN, DAN SEJAHTERA&...selengkapnya

Program

2.1  KEPESERTAAN

Pergub Aceh nomor 56 tahun  2011 pasal 4 menyebutkan peserta JKA adalah seluruh penduduk Aceh, tidak termasuk:

  1. Peserta Program Askes Sosial PT Askes (Persero) termasuk pejabat negara yang iurannya dibayar pemerintah, Pemerintah Aceh, dan Pemerintah Kabupaten/Kota
  2. Peserta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Jamsostek.

Penduduk Aceh adalah masyarakat yang berdomisili di Aceh dan memiliki KTP Aceh atau KK Aceh atau surat keterangan penduduk yang dibuat oleh kepala desa ...selengkapnya

Prosedur

3.1  PELAYANAN KESEHATAN TINGKAT PERTAMA

  1. Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) diberikan di Puskesmas dan beserta jejaringnya atau Dokter keluarga/Dokter Gigi Keluarga yang ditunjuk oleh PT.Askes (Persero);
  2. Pelayanan Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP) diberikan di Puskesmas;
  3. Peserta wajib menunjukkan kartu JKA atau identitas peserta JKA (KTP dan atau KK).

3.2  ...selengkapnya

KONTAK

PUSAT INFORMASI JKA

Jl. Tgk Syech Mudawali No.6 Banda Aceh

p. (0651) 32444

f. (0651) 31995

e. saifullah.abdulgani@gmail.com

 

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Prov. Nangroe Aceh Darussalam
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/12
© Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2013
Kembali Ke Jamsosda Atas