jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Prov. Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan

Salam Pemerintah Daerah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan
Dr. H. ACHMAD RUDIANSJAH, M.Sc | NIP.19581008 197905 1 001

Kesehatan adalah hak dasar setiap individu. Semua warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk masyarakat miskin. Sesuai dengan amanat Undang-Undang dasar 1945 pasal 28 menyatakan bahwa kesehatan adalah hak fundamental setiap penduduk. Hal ini sebagaimana ditetapkan dalam konstitusi WHO 1948 dan Undang-Undang No. 40/2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (UU SJSN). UU SJSN mengamanatkan kepada pemerintah untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi fakir miskin, tidak mampu, serta anak dan orang terlantar.

Salah satu upaya pembangunan kesehatan di Provinsi Kalimantan Selatan adalah Program Jaminan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu suatu program yang memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan.

Jaminan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan merupakan upaya untuk mewujudkan kesehatan masyarakat yang berkualitas yang mengarah pada perwujudan tingkat derajat kesehatan yang baik melalui pelayanan kesehatan yang memadai. Hal ini diwujudkan melalui pendekatan jaminan kesehatan dengan prinsip-prinsip Managed Care, yaitu suatu pendekatan yang mengintegrasikan pembiayaan dan pelayanan kesehatan melalui penerapan kendali mutu dan kendali biaya. Kendali mutu dan kendali biaya bertujuan mengurangi biaya pelayanan yang tidak perlu dengan cara meningkatkan kelayakan dan efisiensi pelayanan kesehatan serta memerangi bahaya moral (moral hazard). Sehingga tidak terjadi inefisiensi biaya kesehatan yang dapat merugikan kesejahteraan masyarakat.

Melalui program Jamkesprov Kalimantan Selatan diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan, meningkatkan umur harapan hidup disamping itu dapat terlayaninya kasus-kasus kesehatan masyarakat pada umumnya.

Tidak ada yang sempurna dari suatu sistem, namun kita mempunyai pilihan-pilihan yang terbaik untuk selalu dilakukan penyempurnaan dari aspek-aspek yang ada melalui pengendalian manajemen pengelolaan.

Kepada semua pihak yang terkait, Rumah Sakit Provinsi, Organisasi Kemasyarakatan termasuk Lembaga-lembaga Swadaya Masyarakat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan diharapkan kontribusi dan perannya masing-masing untuk bersama-sama membantu kelancaran program ini. Atas peran serta semua pihak kami ucapkan terima kasih.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita semua, Amin.

Banjarmasin, 03 Juli 2013

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama Pemerintah Kabupaten/Kota menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Jamkesprov Kalsel) dan Jamiman Kesehatan Daerah (Jamkesda) masing-masing kabupaten/kota.

Pemerintah Provinsi menyelenggarakan Jaminan Kesehatan berupa pelayanan kesehatan rujukan gratis di Rumah Sakit provinsi. Sedangkan Pemerintah Kabupaten/Kota menyelenggarakan Jaminan Kesehatan berupa pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas dan Rumah Sakit Kabupaten/Kota.

Program Jamkesprov Kalsel berdiri sejak tahun 2008.  Sasaran Program ...selengkapnya

Program

2.1  SASARAN

Peserta Program Jamkesprov Kalsel adalah:

  1. Masyarakat miskin dan tidak mampu yang termasuk dalam data base program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani oleh Bupati/Walikota/Sekretaris Daerah dan atau Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota;
  2. Peserta yang direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota; dan
  3. Peserta yang memilki kartu kepesertaan Jamkesda dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Jumlah sasaran ...selengkapnya

Prosedur

3.1  PERSYARATAN PELAYANAN

  1. Peserta merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Kabupaten/Kota, kecuali peserta yang berasal dari Kota Banjarmasin dimana peserta adalah rujukan dari Puskesmas ke RS dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin.
  2. Persyaratan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Rujukan Rumah Sakit Provinsi adalah sebagai berikut:
  1. Peserta Jamkesda:
  1. Masyarakat yang benar-benar miskin;
  2. ...selengkapnya

KONTAK

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan

Jl. Belitung Darat No.118 Banjarmasin (70116)

p. 0511-3355661/3354443

f. 0511-3359739/35

e. jamkesmaskalsel@yahoo.com

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Prov. Kalimantan Selatan
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/111
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019