x

Login

Lupa Password

Prov. Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan

Salam Pemerintah Daerah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan
Dr. dr. H. RACHMAT LATIEF, Sp.PD, M.Kes, FINASIM

Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap individu dan semua warga Negara berhak atas jaminan sosial untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak dan meningkatkan martabatnya menuju terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur. Program jaminan sosial pada dasarnya adalah sebuah program untuk mewujudkan kesejahteraan melalui pendekatan sistem, dimana Negara dan masyarakat secara bersama-sama ikut bertanggung jawab dalam penyelenggaraannya.

Konstitusi Negara yaitu Undang-Undang Dasar 1945 terutama pada Pasal 28 (ayat 3) dan Pasal 34 (ayat 2) mengamanatkan bahwa “Jaminan Sosial adalah hak setiap warga negara” dan “Negara mengembangkan Sistem Jaminan Sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu”.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), menegaskan bahwa terdapat 5 (lima) Program Jaminan Sosial diantaranya; Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kematian. Selanjutnya, sebagai implementasi dari UU SJSN ditetapkan UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang akan dilaksanakan tepat 1 Januari 2014.

Untuk lebih memfokuskan perhatian kepada masyarakat miskin dan tidak mampu khususnya terhadap pemberian pelayanan kesehatan, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI, selain memenuhi kewajiban tetapi juga berdasarkan kajian dan pengalaman bahwa akan terjadi percepatan perbaikan indikator kesehatan apabila lebih memperhatikan dan fokus pada pelayanan kesehatan masyarakat miskin dan tidak mampu.

Oleh karena itu, pelayanan kesehatan merupakan salah satu bentuk kewajiban dan urusan yang perlu mendapat perhatian serius dari Pemerintah Pusat dan Daerah. Namun demikian dalam  pelaksanaannya, pelayanan kesehatan bagi masyarakat belum dapat dikatakan berjalan dengan optimal dikarenakan berbagai kendala dan masalah yang masih ditemukan.

Menyikapi permasalahan tersebut, saat ini pemerintah sedang memantapkan penjaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat sebagai bagian dari pengembangan jaminan kesehatan secara menyeluruh (Universal Coverage), dan hal tersebut telah diterjemahkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kedalam Program PelayananKesehatan Gratis.

Pelayanan Kesehatan Gratis yang dicanangkan sejak 1 Juli 2008 oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten/Kota, merupakan momentum yang sangat baik dan tepat dalam rangka memberikan kesempatan bagi masyarakat Sulawesi Selatan guna mengakses pelayanan kesehatan, disamping itu dapat memberi solusi terhadap masalah-masalah kesehatan yang selama ini menjadi beban pemerintah dan masyarakat serta akan memberikan sumbangan yang sangat besar bagi terwujudnya percepatan pencapaian indikator pembangunan kesehatan yang lebih baik.

Sebagai wujud keberpihakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terhadap pembangunan kesehatan di daerah ini, telah tergambarkan dalam presentase APBD Provinsi Sulsel terhadap alokasi anggaran sektor kesehatan (Tahun 2012 sebesar 11,04 %) dan hal ini membuktikan bahwa target yang diharapkan dalam Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 sudah terakomodir, yaitu minimal 10 % dari total APBD.

Berbagai kendala dan masalah yang selama ini menyertai perjalanan Kesehatan Gratis, kita sama-sama yakin bisa teratasi dengan baik melalui pembelajaran dari pengalaman pelaksanaan selama ini dan yang terpenting adalah komitmen yang kuat dari Pemerintah Daerah termasuk para pemangku kebijakan lainnya serta support dari para akademisi. Berangkat dari perjalanan selama hampir 5 (lima) tahun, Pelayanan Kesehatan Gratis telah banyak memberi manfaat terutama dalam hal pembiayaan bagi masyarakat yang selama ini masih dirasakan menjadi beban dalam mendapatkan pelayanan.

Disamping itu, dengan Kesehatan Gratis terjadi peningkatan akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan sehingga masyarakat dapat lebih dini menemu-kenali penyakit yang dideritanya. Selanjutnya, terjadi peningkatan pencapaian indicator pelayanan kesehatan, seperti: Cakupan pelayanan K1 dan K4, Persalinan oleh tenaga kesehatan, Pelayanan Neonatus, Menurunnya Angka Kematian Ibu, Menurunnya Angka Kematian Bayi, serta Meningkatnya Umur Harapan Hidup.

Dalam rangka akselerasi pencapaian Universal Coverage untuk penjaminan pelayanan kesehatan semesta semua Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan diharapkan dapat memberi kontribusi yang maksimal terhadap hal tersebut. Harapan ini pula yang mengantarkan Pemerintah Provinsi Sulsel berinisiatif untuk bermitra dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan yang professional dalam pengelolaan Program Kesehatan Gratis yang nantinya secara bertahap akan masuk dalam skema Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sampai dengan tahun 2019.

Demikian sambutan saya, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala niat baik dan upaya kita semua dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Amien.......

 

- o0o -

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan (UUD 1945, Pasal 28).  Selain itu pemerintah bertanggungjawab atas ketersediaan sumber daya di bidang kesehatan yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat untuk memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya(UU No 36 tentang Kesehatan).

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan beritikad baik memenuhi hak masyarakat terhadap kesehatan dengan menyelenggarakan kegiatan ...selengkapnya

Program

Pelayanan Kesehatan Gratis adalah pelayanan kesehatan dasar dan rujukan bagi masyarakat Provinsi Sulawesi selatan yang biayanya ditanggung oleh Pemerintah DaerahProvinsi Sulawesi bersama-sama Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.Yang dimaksud dengan masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan adalah masyarakat yang memiliki kartu identitas dan belum ditanggung oleh asuransi lain.

2.1 KEPESERTAAN

  1. Seluruh penduduk Provinsi Sulawesi Selatan
  2. Mempunyai kartu identitas (Kartu Peserta atau ...selengkapnya

Prosedur

Gambar 1. Bagan Alur Sistem Rujukan Program Kesehatan Gratis
Provinsi Sulawesi Selatan, 2013

Regionalisasi Sistem Rujukan Rumah Sakit :

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menetapkan enam wilayah pusat rujukan yaitu, Region Timur, Region Utara, Region Tenggara, Region Selatan, Region Gerbang Utara dan Region Gerbang Selatan Kota Makassar. Setiap region ditetapkan satu rumah sakit sebagai Pusat Rujukan.

Sistem rujukan ini merupakan satu-satunya di Indonesia dan ...selengkapnya

KONTAK

Seksi Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Prov. Sulawesi Selatan

Jl. Perintis Kemerdekaan KM 11 Makasar-90241

p. 0411 - 590294

f. 0411 - 590294

e. jpkmsumsel@gmail.com

 

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Prov. Sulawesi Selatan
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/104
© Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2013
Kembali Ke Jamsosda Atas