jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Prov. Bali

Bali

Salam Pemerintah Daerah

Kepala Dinas kesehatan Provinsi Bali
Dr. I Nyoman Setedja, MPH

Om. Swastiastu, salam sejahtera untuk kita semua

Kesehatan adalah hak asazi dan sekaligus merupakan investasi untuk keberhasilan pembangunan bangsa, sehingga diperlukan pembangunan Kesehatan masyararakat Bali secara menyeluruh dan berkesinambungan. Dewasa inah cukup baik  derajat kesehatan masyarakat Bali sudah cukup baik jika diukur dari indicator-indikator kesehatan utama seperti Angka Kematian Bayi, Angka Kematian Ibu, penderita gizi buruk dan Umur Harapan Hidup.

Namun demikian Bali masih menghadapi berbagai masalah kesehatan masyarakat yang komplek utamanya penyakit menular berbasis lingkungan seperti DBD, Diare, TB, Malaria dan juga penyakit berbasis prilaku seperti HIV/AIDS, serta penyakit berbasis Binatang seperti flu burung dan rabies

Gambaran penduduk Bali yang telah memiliki jaminan pada tahun 2009 baru mencapai sekitar 27,8% dan 72,8 belum memilki jaminan kesehatan  yang senantiasa akan bermasalah ketika mereka jatuh sakit

Berdasarkan permasalahan tersebut di atas pemerintah Provinsi Bali (Gubernur dan Bupati/Walikota) mengambil kebijakan untuk menaungi masyarakat dengan pelayanan kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM). Dalam 2(dua) tahun pelaksanaan program JKBM di Provinsi Bali sudah tentu masih banyak kekurangan dan permaslahan yang kami hadapi namun manfaatnya sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Kami berharap program JKBM ini dapat  meningkatkan cakupan masyarakat Bali yang mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dan Puskesmas beserta jaringannya, meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan terhadap seluruh masyarakat Bali agar tercapai derajat kesehatan yang optimal secara efektif dan efisien.

Demikian yang dapat kami sampaikan mohon masukan/saran untuk penyempurnaan pelaksanaan JKBM.

Om, Shanti, Shanti, Shanti, Om

Info Jamkesda

Regulasi

1.1  SEJARAH

Pemerintah Propinsi Balibekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/kota menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) pada 1 Januari2010berdasarkan Peraturan Gubernur Bali No. 6 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program JKBM.Program ini menjangkau hingga seluruh penduduk Propinsi Bali.

Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) merupakan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Propinsi Bali yang belum memiliki jaminan kesehatan lain (Askes, Jamsostek, Jamkesmas, Asabri dan Asuransi Kesehatan Swasta). Program ini bertujuan menciptakan “Masyarakat Bali Sehat menuju BALI MANDARA (Maju, Aman, Damai, Sejahtera)”.

Tahun 2011, Pemerintah Propinsi Bali masih melanjutkan penyelenggaraan Program JKBM ...selengkapnya

Program

2.1  Kepesertaan

Pergub Bali nomor 22 tahun  2011 pasal 2 menyebutkan peserta JKBM adalah seluruh penduduk Bali yang belum memiliki Jaminan Kesehatan.

Penduduk Bali adalah setiap orang yang berdomisili diBali, terdaftar dalam kartu keluarga dan memiliki KTP Bali.

2.2  Iuran

Dana program JKBM bersumber dari sharing dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Propinsi Bali dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.

2.3  MANFAAT

Pelayanan kesehatan berlaku di wilayah Propinsi Bali.

Manfaat program JKBM ...selengkapnya

Prosedur

3.1   Pendaftaran Peserta JKBM

Calon peserta mendaftarkan diri di Kelian Banjar dengan membawa :

  1. Foto copy KK;
  2. Foto copy KTP;
  3. Surat Keterangan tidak memiliki jaminan kesehatan dari Kepala Desa; dan
  4. Calon peserta menunjukkan kartu elektronik JKBM.

3.2   Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama

Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) diberikan di Puskesmas dan jaringannya (Puskesmas Pembantu, Pos Kesehatan Desa, dan Bidan Praktek Swasta). ...selengkapnya

KONTAK

UPT. JKBM

UPT JKBM Jl. Melati No.20, Denpasar, Bali

p. (0361) 2222412

f. (0361) 234922

e.

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Prov. Bali
http://www.jamsosindonesia.com/jamsosda/detail/100
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019