jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Identitas - MENUNGGU DEWAN PENGAWAS DAN DIREKSI BARU BPJS

Oleh: A. A. Oka Mahendra 28 January 2016

Tidak terasa,hampir sebulan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagkerjaan  belum memiliki anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi Definitive,pasca berakhirnya masa jabatan mereka sejak 31 Desember 2015.

Agar kedua BPJS tersebut tetap dapat melaksanakan tugas rutin menyelenggarakan program Jaminan Sosial sesuai dengan bidang tugasnya,maka Presiden telah menetapkan pelaksana tugas anggota Dewan Pengawas dan anggota Direksi kedua BPJS tersebut  dengan Keputusan Presiden Tahun 2015.

Masyarakat berharap  kedua BPJS tersebut tidak terlalu lama dinahkodai oleh pelaksana tugas.

Sebab,pelaksana tugas menurut Pasal 14 ayat(7)UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan tidak berwenang mengambil Keputusan dan/atau Tindakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi,kepegawaian, dan alokasi anggaran.

Penjelasannya sebagai berikut.Pelaksana tugas tidak berwenang untuk mengambil Keputusan dan/atau Tindakan yang bersifat strategis  yang memiliki dampak besar  seperti penetapan perubahan rencana strategis dan rencana kerja,perubahan struktur organisasi,perubahan status  hukum kepegawaian,melakukan perubahan anggaran yang sudah ditetapkan alokasinya.

Tanpa Keputusan/Tindakan Strategis.

Dalam  satu bulan terakir ini dipastikan BPJS berjalan tanpa Keputusan/Tindakan strategis. Karena,anggota Dewan Pengawas dan anggota Direksi kedua   BPJS  tersebut tidak mungkin mengambil Keputusan dan/atau Tindakan yang bersifat strategis.

Sangat riskan mempertaruhkan nasib ratusan juta Peserta program Jaminan Sosial di tangan pelaksana tugas.Jika dalam perjalanan waktu timbul masalah  krusial yang berdampak signifikan terhadap penyelenggaraan program jaminan Sosial dan memerlukan Keputusan /Tindankan strategis, pelaksana tugas anggota Dewan Pengawas dan anggota Direksi kedua   BPJS  tersebut tidak bisa berbuat banyak.

 Sebab,pelaksana tugas sesuai dengan ketentuan Pasal 34 ayat(3)UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan mempunyai kewenangan terbatas yaitu melaksanakan tugas serta menetapkan dan/atau melakukan Keputusan dan/atau Tindakan rutin yang menjadi  wewenang jabatannya sesuai dengan ketantuan peraturan perundang-undangan.

Yang dimaksud dengan Keputusan atau Tindakan rutin adalah kegiatan atau hal yang menjadi tugas pokoknya.

Tugas Dewan Pengawas BPJS menurut Pasal 22 ayat(2)UU BPJS yaitu:

  1. Melakukan pengawasan atas kebijakan pengelolaan BPJS dan kinerja Direksi;
  2. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan pengelolaan dan pengembangan Dana Jaminan social oleh Direksi;
  3. Memberikan saran,nasihat,dan pertimbangan kepada Direksi mengenai kebijakan dan pelaksanaan pengelolaan BPJS;dan
  4. Menyampaikan laporan pengawasan penyelenggaraan Jaminan social sebagai bagian dari laporan BPJS kepada presiden dengan tembusan kepada DJSN.

Tugas Direksi menurut Pasal 24 ayat(2)UU BPJS yaitu:

  1. Melaksanakan pengelolaan BPJS yang meliputi perencanaan,pelaksanaan,pengawasan,dan evaluasi;
  2. Mewakili BPJS di dalam dan di luar pengadilan;dan
  3. Menjamin tersedianya fasilitas dan akses bagi Dewan Pengawas untuk melaksanakan fungsinya.

Kita bersyukur karena DPRRI dalam masa sidang ini telah merampungkan tugasnya melakukan fit and proper test  terhadap calon anggota Dewan Pengawas hasil seleksi Panita Seleksi yang telah disampaikan oleh Presiden  menjelang berkirnya masa sidang DPR tahun 2015.

Bola sekarang ada di tangan Presiden.

Dalam waktu dekat ini  Presiden diharapkan menetapkan Keputusan Presiden tentang pengangkatan   anggota Dewan Pengawas dan anggota Direksi kedua   BPJS  tersebut.

Pada awal Februari nanti kedua BPJS tersebut telah memiliki pimpinan definitive yang dapat merubah tantangan menjadi peluang yang menjanjikan perbaikan penyelenggaraan program jaminan social untuk memenuhi amanat konstitusi.

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
MENUNGGU DEWAN PENGAWAS DAN DIREKSI BARU BPJS
http://www.jamsosindonesia.com/identitas/menunggu_dewan_pengawas_dan_direksi_baru_bpjs
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016