jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Identitas - IDUL FITRI MENANAMKAN MENTAL PEMENANG

Oleh: A. A. Oka Mahendra (Ahli Hukum dan Peraturan Perundang-undangan) 28 June 2018

Setelah satu bulan penuh menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, pada tanggal 15 Juni 2018 seluruh umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Bagi umat Islam di Indonesia Hari Raya Idul Fitri tahun 2018 ini mempunyai makna tersendiri, karena dirayakan menjelang peringatan HUT Proklamasi 17 Agustus 1945 yang ke 73 dan menjelang pelaksanaan pesta olah raga tingkat Asia di Jakarta dan Palembang yang akan dibuka pada tanggal 18 Agustus 2018 yang ke semuanya berlangsung pada tahun politik  penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah serentak Juli 2018.

Perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, diharapkan menjadi momentum untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang memiliki mental pemenang seperti yang telah ditunjukkan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia yang telah berhasil  mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Dalam alam Indonesia merdeka tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah ketidakadilan, korupsi, kemiskinan, kebodohan, terorisme dan kejahatan transnasional lainnya. Bangsa Indonesia harus mampu meraih kemenangan melawan berbagai tantangan  tersebut demi terwujudnya masyarakat adil, makmur dan sejahtera yang menjadi cita-cita kita bersama. Bangsa Indonesia harus kembali kepada jati dirinya yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, kemanusiaan, kebangsaan, musyawarah mufakat, keadilan dan kesejahteraan. Nilai-nilai tersebut hendaknya menuntun segenap bangsa Indonesia dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menghadapi Asian Games 2018 bangsa Indonesia dihadapkan menjadi tuan rumah yang baik, ramah, dan bersahabat. Asian Games selain merupakan ajang kompetisi prestasi olah raga juga merupakan ajang silaturahmi untuk memperkukuh rasa persaudaraan antarbangsa Asia. Dalam berkompetisi secara sportif para olahragawan Indonesia diharapkan memiliki mental sebagai pemenang yang gigih berjuang pantang menyerah, tetapi tidak jemawa dalam mengukir prestasi yang akan  mengharumkan nama baik bangsa Indonesia.

Semangat Idul Fitri juga diharapkan meresap ke dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah. Pemilihan Umum Kepala Daerah tidak boleh menjadi ajang untuk melampiaskan syahwat kekuasaan dengan menghalalkan segala cara. Pemilihan Umum tersebut hendaknya  menjadi proses pendewasaan demokrasi. Kemenangan harus di pihak rakyat sebagai pemegang kedaulatan di negara Republik Indonesia yang demokratis. Pemilihan Umum Kepala Daerah hendaknya menghasilkan Kepala Daerah yang jujur, mengayomi dan melayani rakyat serta memandang jabatan sebagai amanah.

Pada hari yang penuh kebahagiaan tersebut izinkan kami segenap pengasuh www.jamsosindonesia.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 hijriah. Teriring doa “kulli amin waatum bikhairin”-semoga kebaikan bersama Anda sepanjang tahun. Minal ‘aidin walfaizin-mohon maaf lahir dan bathin.-

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
IDUL FITRI MENANAMKAN MENTAL PEMENANG
http://www.jamsosindonesia.com/identitas/idul_fitri_menanamkan_mental_pemenang
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016