jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Forum - Siaran Pers Komite Aksi Upah Layak/KAUL

Oleh: Jamsos Indonesia 28 November 2011
  1. FSPMI/KSPI, KSPSI, Lomenik/KSBSI Kota Batam Sebagai Anggota KAUL Menuntut UMK Kota Batam 2012 Rp. 1.760.400./Bulan.
  2. Penetapan UMK Batam masih buntu & belum ada Keputusan, Karena Buruh Menolak Angka dari Walikota Batam sebesar Rp. 1.302.000. Pertemuan akan di Lanjutkan Pada Tgl. 27 Nov 2011 Sore dengan Gubernur Kepri utk mencari Solusi Penetapan UMK Batam.
  3. Aksi yg di lakukan KAUL Batam ( FSPMI, SPSI, Lomenik ) adalah Aksi Damai dan Tertib utk Memperjuangkan Upah Layak yg di Lindungi Konstitusi. Keributan Tgl 23 Nov Terjadi di Mulai karena Tindakan Aparat Keamanan yg memukul Buruh secara tiba-2 saat Buruh ingin berteduh ke Teras Kantor Walikota Batam, Buruh membela diri tapi Aparat Keamanan membabi Buta Menembaki Buruh, sehingga 7 Buruh Luka di Tembak. Walikota batam tetap tidak mau menemui Buruh, Sehingga Buruh memutuskan Melanjutkan Aksi Damai lanjutan pada 24 Nov 2011 Sesuai dgn Surat pemberitahuan Aksi Ke Kepolisian.
  4. KAUL Menolak istilah Massa Liar, Tapi yg Tepat adalah Massa Buruh Pada tgl. 24 Nov 2011 adalah Buruh-2 Outsoucing ( yg sebagian besar adalah belum menjadi anggota SP/SB ) yang ikut aksi utk memperjuangkan Nasib mereka utk mendapat Upah Layak/ UMK Rp. 1.760.400. dan mereka bersolidaritas atas Sweeping dan Penembakan Buruh oleh Aparat dan Walikota batam tdk mau Menemui Buruh dan di Perparah dengan Apindo Batam yg mengingkari Perjajaian Bahwa UMK Batam 2012 sama dengan KHL.
Jadi Penyebab Kerusuhan Adalah Bukan dari Kalangan Buruh, Tapi Penyebab Kerusuhan adalah:
  1. Walikota Batam yang Lari dari Tanggung Jawab dengan tidak mau menemui Buruh pada Tgl. 23 Nov 2011.
  2. Aparat Keamanan Yang Terlalu Cepat Represif dengan Menembaki Buruh Pada Tgl. 23 Nov 2011.
  3. Apindo Batam yang Ingkar Janji dan Mempertahankan Kebijakan Upah di Batam, Padahal Batam Kota Industri sama dengan Jakarta dan Kab Bekasi, Tapi UMK Batam Selalu Lebih rendah.

Oleh Karena itu KAUL (Komite Aksi Upah Layak ) Akan Berjuang Terus Agar UMK Batam Rp. 1.760.400. dengan Aksi Damai, Prosedure, dan Tertib.

Terima Kasih. 
Ir. H. Said Iqbal ME.

Presidium Komite Aksi Upah Layak.

--
Risnawati Sinulingga
Trade Union Rights Centre
Jalan Mesjid III No.1 Pejompongan, Jakarta 10210
Telp. 62 21 5703929 Fax. 62 21 5708912
info@turc.or.id


"Keadilan tidak pernah diberikan, melainkan harus dituntut dan diperjuangkan terus - menerus bagi kebebasan yang tidak pernah menjadi sebuah akhir kenyataan, melainkan suatu proses untuk terus berkembang dan mencapai tingkat yang lebih tinggi bagi kemanusiaan, sosial, ekonomi, politik dan agama"  - Philip Randolph -

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Siaran Pers Komite Aksi Upah Layak/KAUL
http://www.jamsosindonesia.com/forum/siaran_pers_komite_aksi_upah_layakkaul
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016