jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Forum - Peluncuran Buku “Politik Sistem Jaminan Sosial: Menciptakan Rasa Aman Dalam Ekonomi Pasar”

Oleh: Jamsosindonesia 03 May 2012

Perlu perjuangan panjang untuk menyebarluaskan ide mengenai pentingnya jaminan sosial di Indonesia. Setidaknya pengalaman penulis, Direktur Pascasarjana Bidang Diplomasi Universitas Paramadina Jakarta,Dinna Wisnu PhD,membenarkan situasi ini.

Pada pidato peluncuran bukunya Dinna Wisnu menyampaikan, “Waktu saya pertama memulai riset tentang topik ini, yang percaya bahwa topik ini penting dan akan booming barulah saya dan ibu saya. Waktu itu pembimbing saya pun, Prof. Liddle, belum melihat mengapa perlu saya menulis soal sistem jaminan sosial. Akhirnya beliau berbalik sangat mendukung ide saya, tetapi awalnya saya harus berkali-kali berdebat dengan beliau untuk mendapatkan persetujuan untuk meneliti tentang hal ini.”

Pandangan beliau merepresentasikan pandangan rata-rata orang terhadap topik ini, yakni bahwa Indonesia bukan negara kayadantidak akan sanggup memiliki sistem jaminan sosial, apalagi menjadi negara kesejahteraan, papar Dinna.

“Secara bertahap saya berusaha meyakinkan orang bahwa sistem ekonomi pasar tidak bisa hidup apalagi berkembang tanpa sistem jaminan sosial yang memadai. Sistem jamsos-lah yang menghidupi para pelaku usaha (pekerja dan pemilik usaha). Di negara manapun, pertumbuhan ekonomi akan rapuh bila tidak ditopang oleh sistem jaminan sosial,” tegasnya.

Tiap ada kesempatan Dinnamenuangkan temuan-temuan dan pemikirannyadalam berbagai bentuk dan forum. “Selama saya di Amerika, ide itu sudah dituangkan juga dalam sejumlah seminar, book chapter dan wawancara radio. Sementara itu proses reformasi sistem jaminan sosial terus bergulir dan tulisan saya pun berkembang terus. Buku ini hanya sekitar 40% saja dari disertasi saya, selebihnya merespon pada perkembangan terkini,” paparnya. 

Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan PhD menilai, waktu peluncuran buku karya Dinna Wisnu ini sangat tepat. Buku ini hadir di saat Indonesia tengah menciptakan sistem jaminan sosial. Dia berharap, buku tersebut mampu menginspirasi kalangan stakeholder yang secara langsung berkaitan dengan pembentukan sistem jaminan sosial.

Pada acara ini hadir mantan Wakil Ketua Pansus RUU BPJS, Dr Surya Tjandra Surapati,  Ekonom Universitas Atmajaya A Prasetyantoko dan Peneliti KPK Danang Widoyoko membahas buku ini.  Dr. Surya memaparkan liku-liku pembentukan UU BPJS sedang Dr. Prasetyantoko menegaskan bahwa sistem jaminan sosial sangat penting dan relevan dengan peralihan episentrum ekonomi ke wilayah Asia.

26 April 2012, Kampus Pascasarjana Universitas Paramadina

Gedung The Energy, lantai 22, SCBD Lot 11 A, Jl. Jend Sudirman kav 52-53, Jakarta

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Peluncuran Buku “Politik Sistem Jaminan Sosial: Menciptakan Rasa Aman Dalam Ekonomi Pasar”
http://www.jamsosindonesia.com/forum/peluncuran_buku_politik_sistem_jaminan_sosial_menciptakan_rasa_aman_dalam_ekonomi_pasar
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016