jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Forum - PELATIHAN DAN BIMTEK KONSULTAN MARTABAT

Oleh: Adhi Kristian 27 April 2015

bimtek 1Bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Konsultan Martabat membuka kelas eksekutifPelatihan dan Bimtek, pada tanggal 22-23 Apri 2015. Pelatihan dan Bimtek dengan tema Merancang Peraturan Pelaksanaan BPJS dalam Rangka Penegakan Kepatuhan dan Pengenaan Sanksi diikuti oleh Staf Pengawasan dan Kepatuhan BPJS Kesehatan, dan Staf Penyiapan Kebijakan Jaminan Sosial DJSN.

Selama 16 jam pelajaran (1 jam pelajaran=45  menit), peserta mempelajari  6 (enam) materi pokok pelatihan yaitu, Penegakan kepatuhan dan Pengenaan Sanksi,Kedudukan Peraturan BPJS, Teknik Menyusun Peraturan BPJS menurut UU No. 12 Tahun 2011,Materi  Muatan Penegakan Kepatuhan dan Pengenaan Sanksi,Harmonisasi Peraturan Pelaksanaan BPJS, danPratikum evaluasi dan penyusunan Peraturan BPJS dalam rangka Penegakan kepatuhan dan pengenaan sanksi.

Dalam sesi materi Penegakan kepatuhan dan Pengenaan Sanksi, peserta diajarkan tentang pejabat internal dan eksternal BPJS yang berwenang menegakan kepatuhan dan pengenaan sanksi, tahap-tahap dan mekanisme penegakan kepatuhan. Sesi ini, difasilitasi oleh Adhi Kristian, Penelti Hukum Martabat.

A.A.Oka Mahendra mengajarkan tentang teknik menyusun, evaluasi dan harmonisasi peraturan perundang-undangan yang efektif. Mantan Dirjen Peraturan Peraturan Perundang-Undangan Depkumham RI dan Sekjen MK RI ini, mengajarkan cara kerja seorang perancang dalam menyusunperaturan perundang-undangan. Sedangkan, Fasiltator ketiga, Muhammad Waliyadin, Pembina Perancang Kemenkumham, mengajarkan tentang kedudukan Peraturan BPJS dalam Hierarki Peraturan Perundang-Undangan.

Pelatihan ini diselenggarakan untuk menjawab tantangan penyelenggaraan jaminan kesehatan, khususnya upaya peningkatan kepatuhan masyarakat untuk memenuhi kewajibannya. Konsultan martabat menilai kewajiban hukum masyarakat di bidang jaminan kesehatan mendesak untuk ditegakan, mengingat  kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional meningkat sangat signifikan, hingga saat ini mencapai 140 juta  peserta, per Maret 2015. Selain itu, mengingat  Per BPJS Kesehatan No. 3 Tahun 2014sebagai pelaksanaan PP No. 86 Tahun 2013, perlu ditinjauagar lebihefektif bekerja dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat. 

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
PELATIHAN DAN BIMTEK KONSULTAN MARTABAT
http://www.jamsosindonesia.com/forum/pelatihan_dan_bimtek_konsultan_martabat
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016