jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Forum - Ketua DJSN ”Masih Terbuka Peluang Besaran Iuran Bagi Penerima PBI Diperjuangkan”

11 April 2013

Chazali Situmorang Ketau DJSN pada penutupan Forum Komunikasi SJSN tanggal 9 April 2013 mengemukakan ”masih terbuka peluang untuk memperjoangkan besaran iuran bagi penerima PBI”. Besaran iuran Rp.15.500,- baru usulan, belum diputuskan secara definitif.DJSN sendiri mengusulkan besaran iuran bagi penerima PBI RP. 22.500,- Usulan tersebut tentu dengan memperhatikan kemampuan fiskal pemerintah dan melihat kebutuhan ke depan agar jaminan kesehatan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. Chazali Situmorang menambahkan bahwa DJSN bekerja dalam koridor Peraturan Perundang-undangan untuk mensinkronisasikan penyelenggaraan sistem jaminan sosial nasional yang merupakan amanat konstitusi.

DPR AGAR LAKSANAKAN FUNGSI KONTROL

Forum Komunikasi SJSN yang berlangsung sehari tersebut antara lain berkesimpulan:

  1. Mendesak DPR untuk segera melaksanakan fungsi kontrolnya untuk memastikan tranformasi PT Askes (Persero) dan PT Jamsostek (Persero) menjadi BPJS terlaksana pada 1 Januari 2014 sesuai dengan ketentuan UU BPJS.
  2. Mendesak pemerintah agar tidak menunjuk orang yang menentang UU BPJS  untuk menjadi Dewan Komisaris pada badan penyelenggara jaminan sosial.
  3. Mengusulkan agar anak terlantar dan anak jalanan  menjadi peserta jaminan kesehatan.
  4. ANGGOTA DJSN dan Dewan Pengawas serta anggota Direksi BPJS diberi gaji yang cukup sesuai dengan beban kerjanya agar fokus dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Hari ini 11 April 2013 DJSN menyelenggarakan pertemuan untuk sinkronisasi Draft RPP Pengelolaan Dana Jaminan Sosial dan Aset BPJS.

Menurut  Ponco Respati Nugroho, Sekretaris DJSN kegiatan tersebut merupakan rangkaian agenda kerja DJSN  dalam penyusunan rancangan peraturan pelaksanaan UU BPJS yang diharapkan dapat dirampungkan pada tahun 2013 ini. (OM).

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Ketua DJSN ”Masih Terbuka Peluang Besaran Iuran Bagi Penerima PBI Diperjuangkan”
http://www.jamsosindonesia.com/forum/ketua_djsn_masih_terbuka_peluang_besaran_iuran_bagi_penerima_pbi_diperjuangkan
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2019