jaminan sosial indonesia
x

Login

Lupa Password

Forum - Jalan Berliku Menuju Jaminan Kesehatan Semesta

Oleh: Jamsos Indonesia 13 April 2012

Pada Seminar di gedung YTKI (Yayasan Tenaga Kerja Indonesia), Jakarta (12/4) bertema “Implementasi Jaminan Kesehatan Menyeluruh: Pelajaran dari Solo dan Belitung Timur”, terungkap masih banyak hal yang harus dipersiapkan menuju Jaminan Kesehatan Semesta.

Anggota DPR RI Komisi II sekaligus Mantan Bupati Belitung Timur, Ir. Basuki T. Purnama, MM atau lebih dikenal Ahok, menjelaskan pengalaman menyelenggarakan Jaminan Kesehatan di Kab. Belitung Timur. Ahok menghadapi banyak pertentangan mulai dari tenaga kesehatan sampai pegawai swasta. Tantangan tersebut dapat teratasi dengan pengawasan yang tepat dan pengelolaan APBD yang bijak. Namun, Ahok pesimis Jaminan Kesehatan Semesta dapat berjalan 1 Januari 2014.

Indra Munaswar, menyebutkan 5 hal yang masih harus dipersiapkan, yaitu:

  1. Indikator orang miskin;
  2. Penentuan premi untuk orang miskin;
  3. Reformasi sistem “Paket Pelayanan Kesehatan”;
  4. Sistem rujukan, dan
  5. Pekerja Informal (PHL-Pekerja Harian Lepas, PTT-Pegawai Tidak Tetap, dan PKL-Pedagang Kaki Lima) belum mendapatkan jaminan kesehatan.

Anggota DJSN, Drs. Ridwan Monoarfa, mengatakan tidak ada Jaminan Kesehatan yang gratis. Rakyat harus ikut membayar premi sehingga ada partisipasi negara dengan rakyat dalam mewujudkan Jaminan Kesehatan Nasional. Khusus warga miskin, premi dibayar oleh pemerintah. Ridwan menahmbahkan, Jaminan Kesehatan harus diarahakan pada pemeliharaan kesehatan (Promotif dan Preventif).

Prof. Hasbullah Thabrani, pakar jaminan kesehatan Universitas Indonesia, menghimbau seluruh pemangku kepentingan untuk selalu patuhi peraturan perundang-undangan. Prof. Hasbullah mengingatkan bahwa kesehatan gratis bukan solusi tepat jangka panjang. “Jika kesehatan gratis diterapkan terus menerus berakibat kualitas pelayanan memburuk’, tegasnya.

Penutup

Kampanye Pilkada Gubernur DKI Jakarta jelas terasa dalam forum seminar yang dihadiri sekitar 100 orang lebih, walaupun Ahok menyangkalnya. Dihadapan peserta seminar, bakal calon Gubernur DKI Jakarta ini berjanji akan menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Semesta bagi seluruh warga DKI Jakarta. Ahok ingin membawa kesuksesan dari Belitung Timur ke Ibu Kota Negara. Kiprah Ahok membuka lembaran baru sejarah Jaminan Kesehatan Semesta.

Selamat datang “Pilkada dengan mengusung Jaminan Kesehatan Semesta”

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Jalan Berliku Menuju Jaminan Kesehatan Semesta
http://www.jamsosindonesia.com/forum/jalan_berliku_menuju_jaminan_kesehatan_semesta
Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2016