jaminan sosial indonesia

DJSN
Dewan Jaminan Sosial Nasional

x

Login

Lupa Password

DJSN > KEDUDUKAN

KEDUDUKAN

UU SJSN menetapkan bahwa DJSN bertanggung jawab kepada Presiden (Pasal 7 ayat (1) UU No. 40 Tahun 2004).  Selanjutnya PerPres No. 46 Tahun 2014 menentapkan lebih lanjut bahwa “DJSN berkedudukan langsung di bawah Presiden dan bertanggung jawab kepada Presiden” (Pasal (2) Peraturan Presiden No. 46 Tahun 2014).  Ketentuan ini berarti bahwa DJSN berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada pemegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD NRI Tahun 1945 (Pasal 4 ayat (1) UUD NRI).  Kedudukan DJSN yang langsung berada di bawah Presiden menunjukkan pentingnya  tugas dan fungsi DJSN untuk penyelenggaraan SJSN.

UU SJSN dan Perpres 46 Tahun 2014, tidak menyebutkan secara tegas status hukum DJSN, namun dengan memerhatikan berbagai ketentuan yang  tercantum dalam peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar hukum pembentukan DJSN, dapat disimpulkan kedudukan DJSN sebagai berikut:

  1. DJSN merupakan lembaga pemerintahan yang dibentuk dengan Undang-Undang. Mencermati ketentuan UU Nomor 39 Tahun  2008 tentang Kementerian Negara, maka DJSN merupakan salah satu  bentuk lembaga pemerintahan non-struktural.
  2. Sebagai lembaga pemerintahan non-struktural maka organisasi dan tata kerja serta mekanisme penyelenggaraan tugas dan fungsi DJSN diatur sepenuhnya oleh Presiden berdasarkan UU SJSN yang mendelegasikan pengaturan lebih lanjut dengan Perpres, yaitu Perpres Nomor 44 Tahun 2008 yang diubah dengan PerPres No. 46 Tahun 2014. (Pasal Pasal (10) UU No. 40 Tahun 2004).
  3. DJSN tergolong lembaga-lembaga dalam sistem ketatanegaraan yang berada di Pusat, yang dibentuk dan diberi kekuasaan  formal di bidang pemerintahan oleh Undang-Undang.
  4. DJSN menjalankan sebagian penyelenggaraan kekuasaan pemerintahan, yakni urusan penyelenggaraan program jaminan sosial.  

KEANGGOTAAN

Ini merupakan sidebar content, ini text bold, ini teks italic Lorem ipsum dolor sit amet, omnes corpora singulis sed eu, eu dicam impedit pro. Te…