A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: controllers/cetak.php

Line Number: 89

Kerja Sama BPJS Kesehatan dengan Fasilitas Kesehatan Berbasis Kontrak

Kerja Sama BPJS Kesehatan dengan Fasilitas Kesehatan Berbasis Kontrak

Pasal 23 ayat (1) UU SJSN menentukan bahwa manfaat jaminan kesehatan diberikan pada fasilitas kesehatan milik Pemerintah atau swasta yang menjalin kerjasama dengan BPJS. Hanya dalam keadaan darurat, pelayanan kesehatan dimaksud dapat diberikan pada fasilitas kesehatan yang tidak menjalin kerjasama dengan BPJS.

Yang dimaksud dengan fasilitas kesehatan meliputi rumah sakit, dokter praktek, klinik, laboratorium, apotek dan fasilitas kesehatan lainnya.

Jalinan kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan dilakukan berbasis kontrak, yaitu perjanjian tertulis antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan yang bersangkutan. Kontrak antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan akan semakin meningkat menyongsong mulai beroperasinya BPJS Kesehatan pada 1 Januari 2014 dan pencapaian target Universal Coverage Jaminan Kesehatan Tahun 2014.

Kontrak tersebut harus dipersiapkan dengan baik, agar saling menguntungkan para pihak. Sesuai dengan asas hukum, perjanjian kontrak yang sah berlaku sebagai Undang-Undang bagi para pihak yang membuatnya atau dikenal dengan asas pacta sunt servanda.

Salah satu kewenangan BPJS menurut Pasal 11 huruf e UU BPJS adalah membuat atau menghentikan kontrak kerja dengan fasilitas kesehatan. Wewenang tersebut menurut Pasal 24 ayat (3) UU BPJS dilaksanakan oleh Direksi.

Direksi BPJS hendaknya sejak dini telah mempersiapkan diri untuk melakukan perundingan dengan fasilitas kesehatan dalam rangka penyusunan kontrak dalam rangka pemberian manfaat program jaminan kesehatan.

FUNGSI & BENTUK KONTRAK

Fungsi kontrak ada 3 yaitu:

  1. sebagai alat bukti;
    Kontrak dikategorikan sebagai alat bukti surat ialah segala sesuatu yang memuat tanda-tanda bacaan yang bisa dimengerti dan mengandung suatu pikiran tertentu.
     
  2. Untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan; dan/atau dalam hal ini kontrak antara BPJS dengan fasilitas kesehatan untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam Pasal 23 ayat (1) UU SJSN.
     
  3. Untuk menjamin kepastian hukum.
    Kontrak menjamin kepastian hukum tentang isi perjanjian yang mengikat para pihak. Karena paling tidak memuat para pihak, kapan dan dimana dibuat, kapan mulai berlaku dan kapan berakhir, hak dan kewajiban para pihak dan cara penyelesaian sengketa yang dipilih para pihak.

Menurut bentuknya, perjanjian dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu perjanjian lisan dan perjanjian tertulis yang lazim disebut kontrak. Dalam hukum perjanjian dikenal dua macam kontrak, yaitu kontrak di bawah tangan yang dibuat dan ditandatangani oleh para pihak, serta kontrak tertulis dalam bentuk akta otentik yang dibuat oleh/atau dihadapan notaris (pejabat pembuat akta).

Masing-masing jenis kontrak tersebut mempunyai kekuatan hukum yang berbeda. Kontrak dibawah tangan mempunyai kekuatan hukum yang sempurna seperti akta otentik, jika tanda tangan yang tertera dalam akta dibawah tangan itu diakui atau dianggap diakui oleh penanda tangan.

Sedangkan kontrak yang dibuat oleh atau dihadapan notaris mempunyai kekuatan pembuktian yang mengikat dan sempurna. Artinya apa yang dimuat dalam kontrak notariil tersebut harus dipercaya kebenarannya, sampai dapat dibuktikan sebaliknya. Dengan kata lain konrak notariil sudah cukup membuktikan tentang peristiwa atau perbuatan hukum yang dimuat di dalamnya, tanpa perlu penambahan alat bukti lainnya.

Dalam kontrak paling tidak harus dirumuskan secara jelas pokok transaksi. Dalam hal ini pelayanan apa yang diberikan oleh fasilitas kesehatan untuk peserta program jaminan kesehatan, hak dan kewajiban masing-masing pihak, tata cara untuk pelaksanaan hak dan kewajiban, masa berlakunya kontrak dan perpanjangannya, wanprestasi dan klausul lain yang umum terdapat dalam suatu kontrak.

 


© MARTABAT, Desember 2011

 

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Kerja Sama BPJS Kesehatan dengan Fasilitas Kesehatan Berbasis Kontrak
__link_footer__
© Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2013