Target PAD Pasuruan Anjlok Rp5 Miliar

15 Nopember 2011

Target PAD Pasuruan Anjlok Rp5 Miliar

PASURUAN– Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pasuruan pada 2012 menurun hingga Rp5 miliar dibanding realisasi PAD 2011. Ini tertuang dalam nota keuangan RAPBD 2012. 

Penurunan target PAD ini dinilai sebagi cerminan lemahnya kebijakan fiskal bupati Pasuruan. Sebagai perbandingan, perolehan PAD 2011 mencapai Rp143.862.843.477. Namun pada RAPBD 2012, target perolehan PAD hanya dipatok Rp138.820.371.379 atau turun Rp5.042.472.098. “Penurunan target PAD yang dilakukan dengan sengaja ini sama dengan terjun bebas. 

Tidak tanggung-tanggung, penurunannya sebesar lebih dari Rp5 miliar,”kata Joko Cahyono, ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pasuruan. Menurut Joko Cahyono, penurunan target PAD yang diluar kebiasaan ini patut dipertanyakan. Karena dalam perjalanan dari tahun ke tahun, target perolehan PAD terus terjadi peningkatan. “Ini sebuah ironi yang luar biasa dalam spirit kerja pemkab. 

Karena bila kita komparasikan antara PAD tahun-tahun sebelumnya, terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Ini menunjukkan bahwa faktor perencanaan di aspek kebijakan fiskal masih lemah,”tandasnya. Dikatakan, jika PAD dipertahankan minimal sama dengan PAD 2011, sementara disisi lain dana perimbangan mengalami kenaikan sebesar Rp39,2 miliar, maka sesungguhnya ekspansi program dan kegiatan tahun 2012 akan semakin baik, sehingga akselerasi capaian dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) semakin mendekati kenyataan. 

Kepala Dinas Pendapatan Keuangan dan Asset Kabupaten Pasuruan Luly Noermadiono mengakui adanya penurunan target PAD tersebut.Hal ini terjadi karena belum terbayarnya jasa layanan umum dan pendapatan lain dari jasa giro dan deposito yang nilainya cukup besar.Piutang itu di antaranya berasal dari klaim jamkesmas yang belum dibayar. “Klaim jamkesmas yang belum terbayar lebih dari Rp3 miliar. 

Kami tidak berani memasukkan angka tersebut dalam pendapatan RAPBD. Namun jika nanti terbayar,klaim tersebut akan ditambahkan dalam PAPBD 2012 mendatang. Jadi, total pendapatan asli akan melebihi perolehan PAD tahun sebelumnya,” kata Luly Noermadiono. ?arie yoenianto

 

Sumber : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/443646/37/

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website

 

Pengutipan sebagian atau seluruhnya dengan menyebutkan judul, tanggal dan sumber:
Target PAD Pasuruan Anjlok Rp5 Miliar
__link_footer__
© Martabat - www.jamsosindonesia.com, 2013